oleh

Petugas Pelipat Surat Suara Dijaga Ketat

Harianpilar.com, Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung pastikan petugas pelipat surat suara Pilkada steril. Pasalnya keluar masuknya petugas pelipat selalu di periksa oleh polisi pengamanan suat suara.

Kepala KPU Bandarlampung Fauzi Heri mengatakan semua petugas pelipat suara yang berjumlah 216 orang itu dipastikan steril,karna pada saat datang mereka diperiksa oleh polisi petugas pengawasan pelipatam suara dan nanti pada mereka keluar juga dipastikan aman karena juga akan diperiksa.

“Pada saat petugas pelipat (surat suara) datang dan pulang nanti mereka akan diperiksa. Termasuk barang bawaannya juga diperiksa, sehingga dipastikan benar-benar steril,” katanya saat ditemui di kantor KPU setempat, Kamis (26/11/2015).

Meskipun pada hari pertama, KPU telah menemukan beberapa surat suara yang rusak, namun Fauzi memastikan tidak ada masalah karena pihak KPU nanti akan minta gantinya dari pihak percetakan.

“Sejauh ini sudah ditemukan beberapa yang rusak, misalnya mengalami sobek di sebagian sisi surat suara, dan ada timpahan gambar yang lain dalam satu sisi bagian. Bahkan ada juga yang gambar ganda di dua sisinya, namun hal itu tidak bermasalah karna nanti kami minta ganti dari pihak percetakan sejumlah surat suara yang rusak,” ungkapnya.

Fauzi tidak menyebutkan berapa jumlah surat suara Pilkada yang rusak atau cacat tadi. Terhadap proses pelipatan surat suara.

“KPU sendiri menjadwalkan tiga hari kerja, waktu yang disiapkan tiga hari. Tapi estimasi kami, dua hari selesai,” imbuhnya.

Sementara waktu pelipatan itu dimulai sekitar pukul 07.00-17.00 WIB setiap harinya. (Qoyid/JJ)