oleh

Bupati Minta OPD Selesaikan Sampah Pasar Kotaagung

Harianpilar.com, Tanggamus – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, SE, MM diwakili  Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Hamid Haryansyah Lubis kerahkan dinas terkait selesaikan masalah sampah di Pasar Kotaagung Kabupaten setempat.

Hal itu dilakukan, setelah sebelumnya Sekda mendatangi pasar Kotaagung pada pagi hari tanpa pengawalan, setelah melihat keadaan pasar yang dipenuhi sampah dan berbau tidak sedap, dan mendengarkan keluhan para pedagang.

Sekda Tanggamus, Hamid Hariansyah Lubis mengatakan, langkah turun kelapangan bagi para pejabat Pemda adalah sebagai bentuk keperdulian dan menyusuri apa yang menjadi kendala di masyarakat.

“Tugas dan pokok pemerintah daerah untuk selalu tahu apa yang jadi masalah dimasyarakat, salah satunya dipusat keramaian di seluruh daerah, terutama pasar,” katanya saat diwawancarai di pasar Kotaagung, Kamis (13/06/2019).

Sekda mengungkapkan, yang diperlukan oleh masyarakat terutama pada pasilitas umum adalah diantaranya keamanan, kenyamanan, kebersihan, perparkiran, ketertiban dan lain-lain.

“Hal itu perlu saya lihat langsung, berdasarkan arahan ibu Bupati Tanggamus, untuk melihat langsung kondisi real di lapangan,” ungkapnya.

Sekda menyesalkan apa yang terjadi di pasar Kotaagung, karena dirinya melihat banyaknya penumpukan sampah, yang menimbulkan bau busuk dan tampak kotor.

“Ternyata luar biasa, sampah dimana-mana, dan ini salah satu penyebab terjadi banjir diwilayah Kotaagung terutama di pasar, sementara pasar Kotaagung merupakan pasar Kabupaten atau yang terletak di pusat kota,” ujarnya.

Terkait hal itu Sekda juga akan melakukan langkah-langkah kongkrit dalam penanganan sampah yang menumpuk di psar tersebut.

“Mulai hari ini kita akan melakukan langkah dan upaya, salah satunya dengan memanfaatkan SMK yang ada di Kabupaten Tanggamus ini untuk berinovasi membuat tong sampah yang ada rodanya. Sehingga Sokli pasar bisa masuk ke gang-gang untuk mengangkut sampah dari toko-toko yang ada dilingkungan pasar Kotaagung,” ungkapnya.

Selanjutnya Sekda berharap kepada seluruh dinas terkait, untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama pedagang pasar khususnya di kios-kios untuk menyiapkan penampung sampah sementara.

“Minimal kardus, sehingga petugas Sokli dapat lebih mudah untuk mengangkutnya, dan memberikan kesadaran kepada warga pasar agar tidak membuang sampah sembarangan, dan saya harap setiap kios memiliki kotak sampah masing-masing, agar keadaan pasar kita ini menjadi bersih,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam kunjungan mendadak tersebut diantaranya, Kepala Dinas Perhubungan Razi Azanisa, Kasat Pol PP Yumin BA, Camat Kotaagung beserta jajaran, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, serta UPT pasar Kotaagung. (Agus).