oleh

Pembukaan MTQ ke V Mesuji Diguyur Hujan

Mesuji (Harian Pilar)
Meski diguyur hujan, pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Mesuji ke V yang dilaksanakan di Lapangan Desa Tanjung Menang, Kecamatan, Mesuji Timur, berjalan lancar.
Hadir di kegiatan itu, Bupati Mesuji, Khamami, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Abdurrahman, M.Ag, serta Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Mesuji dan pejabat di lingkup Pemkab Mesuji.

Dalam kondisi hujan deras, kegiatan MTQ ini diawali dengan dengan Defile masing-masing kafilah yang berasal dari tujuh kecamatan di Kabupaten Mesuji yakni, Kecamatan Mesuji, Mesuji Timur, Panca Jaya, Tanjung Raya, Way Serdang, Simpang Pematang, dan Rawajitu Utara.

Moment ini diikuti sebanyak 178 peserta, didampingi sebanyak 40 official dan akan dinilai oleh 40 dewan hakim. Adapun cabang-cabang yang akan diperlombakan, antara lain Tilawatil Qur’an, Hifzhil Qur’an, Tafsiril Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an dan Khottil Qur’an.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mesuji sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Drs. Agus Salim, M.AP. mengatakan, kegiatan MTQ ini merupakan yang ke lima kali digelar oleh Pemkab Mesuji. Pada tahun lalu digelar di Desa Sidomulyo, Kec. Tanjung Raya dan pada tahun ini digelar di Desa Tanjung Menang, Kec. Mesuji Timur.

“Kegiatan ini secara rutin kita selenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Qur’an, serta menjalin Ukhuwah Islamiyah sesama kita,” terangnya.

Sementara itu Bupati Mesuji, Khamami berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan minat baca kita sebagai umat Islam terhadap kitab suci Al-Qur’an.

“Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ini diharapkan agar seluruh umat muslim khususnya di Kabupaten Mesuji akan lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an demi terciptanya masyarakat yang memiliki kepribadian Islami dan berakhlak mulia,” ujarnya.(Sandri/JJ)