oleh

Rumah Ambruk Tersambar Petir, Satu Keluarga Luka

Harianpilar.com, Tulangbawang – Diduga akibat tersambar petir, satu rumah di Jalan  Mega, Kelurahan Ujunggunung, Kecamatan Menggala, Tulangbawang (Tuba) roboh, Selasa (12/12) dini hari.

Akibatnya, empat orang penghuni rumah yang terdiri dari Deni Pengeran (ayah), istri dan dua anaknya mengalami luka berat akibat tertimpa material bangunan. Saat ini, keempat korban masih menjalani perawatan medis di RSUD Menggala.

Camat Menggala Sopian mengatakan, ke empat korban yakni pemilik rumah Deni Pengeran, istri, dan dua buah hatinya.  “Masih di rawat di RSUD Menggala karena luka-luka di bagian kepala dan tangan,” kata Sopian, Selasa (12/12).

Ia mengaku, telah mengkoordinasikan kejadian tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulangbawang. Meski demikian, Sopian belum dapat menaksir jumlah kerugian korban karena tengah dalam pendataan.

Sejauh ini, lanjut dia, hanya terdapat satu kejadian musibah bencana alam. “Untuk sementara belum informasi korban lain akibat sambaran petir, ada cuma di Kelurahan Ujunggunung,” katanya.

Diketahui, rumah di Jalan Mega, Kelurahan Ujunggunung, Kecamatan Menggala, Tulangbawang, rusak berat diduga akibat tersambar petir, Selasa, 12 Desember 2023.

Bahkan bagian belakang rumah tersebut rata dengan tanah dan hanya menyisakan bagian tembok depan.

Devi warga sekitar menceritakan, pascaterdengar suara dentuman keras berasal dari luar, ia langsung berhamburan keluar rumah. Ia melihat rumah tetangganya sudah roboh.

“Begitu kejadian kami langsung keluar, dikira atap asbes kami yang terbang. Kejadiannya sebelum azan subuh” katanya.

Dia mengaku, sempat tercengang lantaran tidak ada suara teriakan atau jeritan dari dalam rumah korban.

“Pas di luar itu, enggak ada suara-suara dari dalam rumah itu. Terus kami tegor karena takutnya ada apa-apa tahunya mereka tertimpah reruntuhan rumah. Pas keluar ibunya sudah menggendong bayinya,” kata dia. (*).