oleh

Pesawaran Kekurangan Blangko E-KTP

Harianpilar.com, Pesawaran – Upaya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran, dalam memenuhi kekurangan blangko E-KTP di kabupaten setempat, nampaknya perlahan tapi pasti mulai terealisasi. Meskipun pemerintah pusat baru merealisasikan 20 ribu blangko E-KTP dari 50 ribu blangko seperti dengan kebutuhan.

Didistribusikan penambahan sejumlah blangko E-KTP ini, merupakan langkah jemput bola yang ditempuh pemda pesawaran dalam memenuhi kekurangan blangko seperti hal yang diperlukan. Dimana sebelumnya pemerintah pusat baru merealisasikan sekitar 8 ribu blangko E-KTP.

“Baru 20 ribu blangko yang dikirim dari pusat, sekitar satu minggu ini,  dan masih kurang sekitar 18 ribu blangko, itu nanti akan kita maksimalkan dan usulkan kembali,” urai Kabid Kependudukan Erdiana, saat ditemui di kantornya, Selasa (17/2/2015).

Didampingi Sekretaris Disdukcapil Rismerian Teny, Erdiana memaparkan, untuk kebutuhan blangko sekitar 48 ribu. Dan dari jumlah itu (48 ribu-red) wajib KTP telah melakukan perekaman, namun blangko E- KTP belum dapat tercetak.

“Kalau untuk jumlah keseluruhan warga wajib KTP di Kabupaten Pesawaran, sebanyak 400 ribu jiwa. Sedangkan, blangko E-KTP yang sudah tercetak dan telah dibagikan kepada warga sekitar 230 ribu blangko,” paparnya.

Dijelaskan Erdiana, pihaknya akan terus melakukan perekaman E-KTP secara terus menerus. Mengingat, wajib KTP di kabupaten setempat dipastikan akan terus bertambah. “untuk mengantisipasi kehabisan stok blangko. Kita akan terus menambah mengusulkan dengan cara jemput bola ke pusat,” imbuhnya di akhir pembicaraan. (Fahmi/JJ).