oleh

Tamanagung Wakili Lamsel Lomba Kesrak PKK Provinsi

Harianpilar.com, Kalianda – Desa Tamanagung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mewakili Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) dalam lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, serta Kesehatan (Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan) tingkat Provinsi Lampung tahun 2019.

Tim penilai lomba tersebut mendatangi desa Tamanagung pada Rabu (04/12/2019). Kedatangan tim penilai yang  diketuai Syaiful Dharmawan itu  disambut langsung Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto dan Ketua TP PKK  kabupaten setempat Winarni.

Dalam sambutanya Ketua TP PKK Lamsel Winarni mengatakan Desa Tamanagung  merupakan satu dari lima desa di kabupaten setempat yang telah ditetapkan sebagai Kampung KB (Keluarga Berencana). Selain itu, Desa Tamanagung juga menjadi fokus pelaksanaan program pencegahan stunting.

“Dari lima desa Kampung KB itu, kami turun langsung dan melakukan penilaian, sehingga terpilihlah Desa Tamanagung untuk mewakili Kabupaten Lampung Selatan dalam lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung tahun ini,” kata Winarni.

Menurut Winarni, kegiata pemberdayaan masyarakat yang menjadi unggulan Desa Tamanagung adalah program swasembada gizi dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun sayur-sayuran dan buah.

“Target dari program swasembada gizi ini adalah turunnya angka stunting di Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2024. Termasuk Desa Tamanagung mencapai 0 persen,” terangnya.

Ketua tim penilai tingkat provinsi  Syaiful Dharmawan mengatakan,  omba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan wahana meningkatkan motivasi dan pemberdayaan masayarakat dalam pembangunan.

“Lomba ini bukan semata mengejar gelar juara. Tujuan utamanya adalah memotivasi pemberdayaan masyarakat dalam mendukung program pembangunan di berbagai bidang, seperti kesehatan dan ketahanan pangan,” terangnya. (saiful)