oleh

PT MDT Jajaki Peluang Kemitraan Dengan Petani Dua Daerah

Harianpilar.com, Bandarlampung – Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap produk sayuran beku, PT Mitratani Dua Tujuh (MDT) melakukan perluasan produksi dengan mengembangkan program kemitraan dengan petani di luar wilayah Kabupaten Jember. 

Hal ini ditandai dengan kunjungan yang dilakukan oleh perusahaan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, serta Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi dalam rangka mensosialisasikan program kemitraan budidaya tanaman sayuran dengan petani.

Program kemitraan dengan petani merupakan salah satu program kerja dari PT Mitratani Dua Tujuh dengan menggandeng petani untuk membudidayakan komoditas yang diusahakan oleh perusahaan dimana perusahaan akan bertindak sebagai off taker.

Kunjungan pertama dilaksanakan di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang pada tanggal 30 April 2024 yang dipimpin secara langsung oleh SEVP Business Support, Bapak Sihur Antoni.

Dalam kesempatan tersebut beliau memperkenalkan profil perusahaan yang dilanjutkan dengan pemaparan konsep kemitraan.

“Sebagai anak perusahaan dari BUMN PTPN I (Supporting Co), kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan pendapatan petani dengan harga beli komoditas yang pasti  dan menguntungkan serta berbagai dukungan fasilitas yang memudahkan petani,” jelasnya.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian  Kabupaten Lumajang yang diwakili oleh sekretaris dinas menyambut dengan antusias program kemitraan PT Mitratani Dua Tujuh mengingat paparan materi yang disampaikan sangat menarik dan dianggap mampu mensejahterakan petani karena semua fasilitas yang diberikan serta hasil panen yang dipastikan akan diterima oleh perusahaan dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Respon serupa juga diterima oleh rombongan pada saat melakukan kunjungan bersama Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi pada hari Kamis 6 Juni 2024 yang disambut secara langsung oleh kepala dinas beserta jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut kepala dinas Pertanian Banyuwangi Bapak Drs. H. Arief Setiawan, MM  menyampaikan ucapan terima kasih serta support penuh program kemitraan dari PT Mitratani Dua Tujuh.

“Kedatangan dari PT Mitratani Dua Tujuh ini merupakan suatu kehormatan bagi kami karena pemaparan materi dalam program kemitraan sangat menguntungkan bagi petani dan nantinya rencana dari tindaklanjut pertemuan ini akan kita agendakan demplot komoditi yang akan ditanam melalui lahan dari dinas dengan luasan sekitar 3 hektar,” ungkapnya.

Program kemitraan yang telah berjalan lama sebelumnya dimana hanya mencakup di wilayah Kabupaten Jember saja, pada tahun 2024 perusahaan merencanakan akan memperluas wilayahnya hingga ke daerah tapal kuda, mulai dari Kabupaten Lumajang, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, hingga Probolinggo. (Rls/JJ).

Komentar