oleh

Musrenbang, Zaidirina Harap Dukungan Pembangunan Semua Pihak

Harianpilar.com, Tulangbawang Barat – Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 dengan tema Penguatan Ekonomi dan Kualitas SDM, di aula ruang rapat bupati, Selasa (7/3).

Turut hadir Pj. Bupati Tubaba Zaidirina, Kajari Sri Hariyanto, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Mulyadi Ihsan, Moderator Dosen Fakultas Pertanian Unila, Teguh Endaryanto, Dandim 0412/LU diwakili oleh Kasdim 0412/LU, Mayor A. Sunarya, Wakapolres Kompol Heru Sulistyanto, Danlanud PM. Bunyamin diwakili oleh Kapten Adm M. Rofik, Sekdakab Novriwan Jaya, Sekertaris Bapeda Lampung, Evie Fatmawaty,

Ketua Federasi Adat Marga Empat dan Ketua Pokdar Kamtibmas, Herman Artha, Ketua Baznas Purwanto, Abdesi, kepala OPD camat lurah dan kepala tiyuh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda.

Zaidirina Heri Wardoyo mengatakan, pelaksanaan Musrenbang merupakan amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda Tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

“Musrenbang tingkat kabupaten ini merupakan lanjutan proses penyusunan rancangan RKPD tahun 2024 yang dimulai dari Musrenbang di masing-masing tiyuh pada bulan Januari 2023 lali. Melalui tahapan pembahasan lintas Forum Konsultasi Publik pada tanggal 19 Januari 2023. Dilanjutkan dengan Musrenbang di tingkat Kecamatan pada tanggal 25 Januari sampai dengan 2 Februari 2023, serta Forum Perangkat Daerah pada tanggal 22 Februari 2023,” ucapnya.

Dikatakan Zaidirina, Musrenbang pada tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran tahun ke-2 dari RPD Kabupaten Tubaba periode 2023-2026.

Oleh karena itu pihaknya mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam upaya bersama-sama membangun Kabupaten Tubaba.

“Perlu diketahui kondisi saat ini dan perkiraan tahun 2024, marilah kita membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di kabupaten agar dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan,” tegasnya.

Dikatakan Zaindirina, bahwa produktifitas dan daya saing, indeks pembangunan manusia, infrastruktur pelayanan dasar, kemiskinan dan kemiskinan ekstrim, prevalensi stunting, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan.

“Kita ketahui bahwa pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 mengacu pada isu strategis di atas dan RPD Kabupaten Tubaba tahun 2023-2026 serta memperhatikan rancangan tema pembangunan nasional dan Provinsi Lampung tahun 2024 dengan menggunakan pendekatan holistik-tematik, integratif, dan spasial.” paparnya Zaidirina.

PJ Bupati Tubaba, juga mengutarakan maka tema pembangunan Pemkab Tubaba pada tahun 2024 mendatang Penguatan Ekonomi dan Kualitas SDM.

“Adapun sasaran indikator makro dari penyusunan RKPD 2024 mendatang meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sebesar 4,5 – 5.5 %,Inflasi 3 ± 1% Tingkat Kemiskinan sebesar 7,34% Indek Pembangunan Manusia (IPM) 67,23,Pendapatan Perkapita pertahun penduduk : Rp 46 – 47 juta

Indeks Gini 0.216 – 0,285,Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 3,13 Tingkat Pemantapan Jalan 48,5 Pertumbuhan PAD 6,75 Nilai Tukar Petani 105,” tutupnya. (*).