oleh

Sulpakar: Mesuji Expo 2022, Semarakan MTQ Ke 49

Harianpilar.com, Mesuji – Sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Lampung 2022 yang ke 49, Kabupaten Mesuji juga menggelar Mesuji Expo 2022, sebagai indikator sejauh mana program pembangunan di Kabupaten Mesuji.

Penjabat (PJ) Bupati Mesuji Sulpakar menjelaskan, Mesuji Expo 2022 juga untuk menyemarakan kegiatan MTQ.

“Mesuji Expo 2022 digelar selain untuk turut menyemarakan kegiatan MTQ, juga sebagai indikator sejauh mana program pembangunan di Kabupaten Mesuji telah dilaksanakan, selain itu, tentu sebagai ajang promosi sektor-sektor unggulan di Kabupaten Mesuji,” kata Sulpakar, pada pembukaan MTQ Provinsi Lampung 2022 ke 49, di Alun-alun Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Sabtu (3/12).

Sulpakar juga menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, serta seluruh undangan lainnya.

“Terimakasih dan selamat datang kami sampaikan kepada Gubernur Lampung dan ibu, serta seluruh Bupati Walikota se-Lampung yang hadir di Kabupaten Mesuji, suatu kebanggaan bagi kami Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Mesuji,” ucapnya.

Sulpakar menyampaikan bahwa MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung diikuti oleh 646 peserta, dengan rincian 327 Peserta Putra dan 316 Peserta Putri, kemudian Dewan Hakim 125 orang dan Pengawas 12 orang.

Adapun Sekretaris Umum LPTQ Nasional Drs. H. Ahmad Jayadi, M.Pd yang juga menjabat sebagai Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama RI, pada kesempatan tersebut menyatakan bahwa MTQ merupakan salah satu bentuk ekspresi beragama umat Islam di Indonesia yang kemudian dipatenkan oleh pemerintah menjadi kegiatan yang formal, dimana semua lapisan masyarakat dapat meramaikan dan mengikutinya

‚ÄúSejak pertama dilaksanakan pada tahun 1968, MTQ telah memberikan dampak yang besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran, hal ini dapat dilihat dari tumbuhnya Pesanteren-pesantren, lembaga-lembaga penghafal Al-quran yang kebaikannya sangat signifikan setiap tahunnya,” ucapnya.

“Dengan adanya MTQ ke-49 tingkat Provinsi Lampung ini, diharapkan dapat mendorong perilaku masyarakat yang sesuai dengan ajaran Al-Quran dan mampu menghormati perbedaan-perbedaan, serta dapat hidup berdampingan dalam bingkai keragaman,” tutupnya. (*).