oleh

Dua Sungai Jadi Lahan Pembuangan Limbah

Harianpilar.com, Lampung Utara – Guna memastikan kualitas air di dua Sungai Malungun dan Batanghari bebas dari limbah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lampung Utara (Lampura) mengambil sampel air untuk diuji kandungnnya.

Mengingat, dua sungai tersebut menjadi lahan pembuangan limbah dua perusahaan.

“Limbah – limbah perusahaan mengalir di sana sehingga kami ingin memastikan kualitas air sungainya,” ungkap Kepala DLH Lampura Tomy Suciadi, Minggu (30/10).

Meski tidak menyebut nama dua perusahaan tersebut, Tomy  mengungkapkan, jika limbahnya mengalir di dua sungai itu.

“Limbah itu dibuang ke sungai setelah melalui proses sebagaimana yang diharuskan. Selain memang termasuk kegiatan rutin, kegiatan ini juga untuk menindaklanjuti arahan pimpinan,” jelasnya.

Diungkapkanya, uji sampel air ini melibatkan tim dari DLH Provinsi Lampung dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Menurutnya, sampel – sampel air itu akan diuji kandungannya oleh DLH provinsi di laboratorium di Bandarlampung. Hasilnya, diperkirakan akan ke luar dalam beberapa hari ke depan.

“Pada prinsipnya memang limbah setelah diolah bisa dibuang ke perairan dengan catatan di bawah baku mutu,” ujar dia.

Tomy juga menjelaskan, kegiatan ini tak hanya menyasar pada dua sungai tersebut, tapi juga akan menyasar pada sungai – sungai lainnya. Dengan demikian, kualitas air sungai akan tetap terjaga sehingga aman baik bagi manusia maupun hewan atau tumbuhan di sungai – sungai itu.

“Semoga dengan kegiatan ini, kualitas air sungai tetap terjaga dan dapat lebih membangkitkan kesadaran kita semua tentang pentingnya menjaga alam,” harapnya.(*).