oleh

Perebutan Kursi Penambahan Anggota Bawaslu Bakal Seru

Harianpilar.com, Bandarlampung – Perebutan kursi penambahan anggota Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Lampung diprediksi bakal seru. Pasalnya, sehari menjelang penutupan sejumlah kalangan ramai mendaftarkan diri untuk memperebutkan empat jatah penambahan anggota lembaga pengawasan pemilu tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun sampai kemarin (7/5/2018), setidaknya sudah ada 18 orang yang telah mendaftar. Jumlah tersebut diprediksi bakal bertambah sampai penutupan pendaftaran yang dijadwalkan ditutup pada Rabu (9/5/2018). Mereka berasal dari berbagai kalangan mulai dari kerohanian, lembaga penyelenggara pemilu, sampai lembaga penyiaran.

Tim Seleksi calon anggota Bawaslu Lampung, Yusdianto mengatakan, pendaftaran akan dibuka sampai Rabu (9/5/2018) besok.

“Saat ini sudah ada 18 orang yang daftar. Itu ada dari unsur kerohanian, ada dari lembaga penyelenggara, panwaslu, bahkan ada juga dari lembaga penyiaran,”terangnya via telepon, Senin (7/5/2018).

Namun, akademisi Unila ini belum bisa menunjukkan siapa-siapa nama yang telah mendaftar. “Sekarang belum bisa kita publish. Nanti kita publish setelah semua diverifikasi administrasi,” ungkapnya.

Selesai pendaftaran, lanjut Yusdianto, dilakukan verifikasi administrasi sampai tanggal 15 Mei 2018 mendatang.

“Kenapa agak lama karena kita memberikan kesempatan para pendaftar untuk melengkapi berkas, misal ngurus SKCK yang agak lama,” paparnya.

Dari verifikasi administrasi,  selanjutnya pelaksanaan tes online atau CAT yang soalnya langsung dari Bawaslu RI.

“Nanti ada tim dari Bawaslu RI yang membawa program CAT-nya langsung kesini, jadi soalnya bukan dari kita,” jelasnya. (Ramona)