oleh

Lampung Siap Hadapi MEA

Harianpilar.com, Bandarlampung – Dengan terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat melalui pemberitaan, baik lewat televisi maupun media cetak. Provinsi Lampung siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 mengingat potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di daerah itu.

“Kita bersama stake holder lainnya seperti Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendidikan maupaun masyarakat Lampung harus siap menghadapi MEA, sehingga daerah ini dapat bersaing dengan sembilan negara lainnya di Asean,” kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ferynia, saat ditemui di gedung DPRD Provinsi Lampung, Senin (9/11/2015).

Produksi maupun komoditas asal Lampung seperti; kopi, nanas, udang, lada, pisang, kakao, telah dikenal di dunia internasional.

” Untuk lebih bersaing lagi di pasaran internasional, tidak hanya mengekspor bahan baku saja tetapi juga sudah dalam bentuk jadi, jadi kita tidak perlu kawatir akan semua produk yang kita miliki, yang terpenting bagaimana kita mensosialisasikannya kepada masyarakat dan UMKM sehingga mereka bisa bersaing,” terangnya.

Selain itu pemerintah provinsi juga akan terus selalu mengawasi, untuk para pekerja yang masuk nantinya juga harus memiliki sertifikasi keahlian,” jadi tidak sembarangan pekerja yang bisa masuk, semua harus memiliki sertifikat, baik barang yang di jual maupun sampai yang ingin bekerja di Lampung,” katanya.

Selain itu Dinas perdagangan juga akan memperbaiki untuk penampilan kemasan produk agar lebih menarik, kemasan sebuah produk juga perlu diperhatikan sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

Pemasaran untuk pengenalan produk seperti pameran juga perlu dilakukan agar konsumen mengetahui produk yang akan di jual.Upaya lain agar produk dapat bersaing di pasaran global perlu adanya kreativitas produsen untuk membuat produk-produk yang kreatif yang mempunyai nilai jual tinggi.

Lampung banyak produk UMKM, tetapi pelaku usahanya belum memiliki kreativitas sehingga produknya mempunyai daya jual tinggi. (Fitri/JJ)