oleh

PNS KPU Bisa Alih Status Menjadi PNS Pusat

Harianpilar.com, Bandarlampung – Berdasarkan surat edaran KPU RI No 66/SJI/I/2015, bagi PNS KPU Provinsi maupun kabupaten/kota bisa mengajukan peralihan status pegawai KPU RI dengan sejumlah persyaratan.

Dalam surat edaran itu, disebutkan persyaratan di antaranya adalah berusia maksimal 52 tahun sampai dengan 1 Januari 2015, minimal 5 tahun telah bekerja di Sekretariat KPU Provinsi atau sekretariat kabupaten /kota dan minimal 2 (dua) tahun menduduki jabatan tertentu.

Salah satu pegawai daerah yang akan mengajukan alih status menjadi pegawai pusat Sekjen KPU RI , Tuyono mengatakan, yang melatarbelakangi dirinya untuk pindah adalah karena sudah nyaman dengan kondisi dan lingkungan pekerjaan di sekretariat KPU Kota Bandarlampung.

Faktor masa kerja juga menjadi salah satu alasannya untuk pindah status menjadi pegawai Sekretariat Jendral KPU.

Kasubbag Umum, Hartina Alam  menyatakan, dirinya enggan untuk beralih status, meskipun persyaratan untuk pindah hanyalah mengisi riwayat hidup, namun persyaratan berkas untuk alih status pegawai cukup cukup banyak dan berbelit. Di antaranya, harus melengkapi berkas Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat, dan lainnya.

Selain memenuhi persyaratan berkas, PNS daerah yang akan alih status ini kemudian juga akan mengikuti tes kompetensi yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal KPU RI.

Pegawai yang dinyatakan lulus kompetensi kemudian akan disahkan dan ditetapkan menjadi pegawai pusat KPU RI setelah mendapatkan persetujuan dari pejabat pembina kepegawaian yakni, menteri/gubernur/bupati/walikota. (Lia/JJ).