oleh

Waspada, Panjang Rawan Bencana Alam

Harianpilar.com, Bandarlampung – Warga panjang Bandarlampung harus berhati-hati dan waspada, pasalnya pada saat musim hujan seperti saat ini, Kecamatan Panjang merupakan  salah satu kecamatan yang berpotensi tinggi terjadi bencana alam. Hal ini disampaikan oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung Wisnu.

“Rawan bencana sih banyak itu kalau musim begini yang paling rawan banjir dan longsor itu potensinya ada di panjang,” ujarnya, Minggu (25/1/2015) saat di hubungi via telepon.

Wisnu menambahkan saat ini pihaknya telah melakukan kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah untuk penanganan bencana alam, selain itu juga pihaknya kerap melakukan patrolI hingga malam hari.

“kita sudah bekerja sama dengan Dinas PU dan Disbertam untuk penanganan bencana alam ini, sesuai dengan instruksi wAlikota juga untuk membersihkan drainase, itu seperti di Waylunik walaupun sudah dibersihkan , tetap nggak bias dicegah, karena sudah dari tahun tahun-itu terjadi disana,” paparnya.

Untuk bantuan, Pihak BPBD saat ini hanya memberi penanganan darurat saja, namun untuk bantuan materi, Walikota Bandarlampung yang secara langsung memberikannya.

“Kalau bantuan itu, langsung dari Walikota itu, kalau langsung seperti longsor dan banjir itu langsung dari Walikota itu, kalau dari BPBD kita hanya membantu daruratnya saja, kalau bantuan uang kita nggak ada,” imbuhnya

sebelumnya pada sabtu (24/1/2015), sekitar pukul 21.40 wib, setelah diguyur hujan deras dan angin kencang
pohon tumbang kembali terjadi di Kota Bandarlampung tepatnya di Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara, Kelurahan Srengsem, Kecamatan Panjang.

Beruntung, saat pohon tumbang, tidak ada kendaraan dan pejalan kaki yang melintas, sehingga tidak kejadian itu tidak menimakan korban jiwa dan menimbulkan kerugian materi. (Buchari)