oleh

Lampung Berpotensi Banjir dan Longsor

Bandarlampung (Harian Pilar) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau warga Lampung untuk terus meningkatkan kewaspadaan akan bencana banjir dan longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Sobri mengingatkan bahwa meski hujan sudah mulai turun melanda daerah tetapi saat ini kondisi wilayah masih relatif aman. Namun ia khawatir dengan bencana yang melanda daerah tertentu, dengan demikian warga harus terus tingkatkan kewaspadaan, jangan merasa aman terlebih dahulu sebelum musim penghujan usai.

BPBD selain memberikan pelayanan publik dengan baik sehingga dapat melaksanakan tugas dengan iklas dan tuntas, mengingatkan pada warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadi bencana yang yang tidak diinginkan.

“Kami mengimbau warga lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam yang melanda daerah setempat. Dari pengalaman kejadian daerah-daerah lain yang mengalami bencana, seperti sekarang ibu kota DKI Jakarta sudah mulai terendam banjir, ini kita harus waspada dan mulailailah mendidik diri kita agar membuang sampah pada tempat yang semestinya sehingga jalan air tidak terhambat,” katanya melalui telepon selulernya, Minggu (4/1).

Kerawanan bencana alam yang kemungkinan bisa melanda Provinsi Lampung, antara lain banjir, longsor. Potensi bencana alam tersebut masih relatif kecil dan belum sampai menimbulkan korban jiwa. ” Namun demikian kami mengimbau pada warga tetap meningkatkan kewaspdaannya,” jelasnya.

Masyarakat harus membantu petugas untuk meringankan beban yang dipikul, dengan memberikan informasi dan tingkatkan kewaspadaan, ingkatkan saudara dan rekan kerabat, bencana alam tidak terduga kapan datangnya, inilah yang harus diingat supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diharapkan.

Bahkan sudah dibuktikan dengan hujan yang setiap hari turun dari pagi, siang, sore dan malam, terutama warga yang bertempat tinggal di daerah rawan bencana atau dekat dengan pegunungan, bukit, lautan dan sungai, biasanya bencana mulai berawal dari tempat-tempat seperti itu.
” Warga yang bertinggal di lingkungan perbukitan, pegunungan, lautan dan sungai harus hati-hati, dan kami himbau juga pada warga Lampung agar terus meningkatkan kewaspadaan,”.