oleh

Tiga Balongub Berebut Rekomendasi PAN

Harianpilar.com, Bandarlampung – Tiga bakal calon gubernur (Balongub) Lampung bakal berebut rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN). Ke tiganya yakni, Rahmat Mirzani Djausal (RMD) Muhamad Ridho Ficardo (MRF) dan Hanan A RozaK (HAR).

Dari ketiganya, baru HAR yang telah mendaftar ke PAN, sementara RMD dan MRF baru membangun komunikasi dan belum memberikan konfirmasi kapan akan mengambil formulir penjaringan.

Ketua Tim Penjaringan PAN Lampung Joko Santoso mengatakan, pihaknya telah menerima dua Balongub yang mendaftar penjaringan di PAN Lampung.

Keduanya adalah Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Hanan A. Razak dan pengusaha kayu asal Pagardewa Riswan Mura.

Selain dua nama itu, lanjut Joko ada dua tokoh yang berniat mengambil formulir penjaringan PAN Lampung. Keduanya adalah Ketua DPD Gerindra Lampung Rahmat Mirzani Djausal dan Wakil Ketua DPP Perindo M Ridho Ficardo. “Yang sudah berkomunikasi ada Mirza dan mantan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo,” kata Joko Santoso.

Tetapi, lanjut Joko, keduanya belum memberikan konfirmasi kapan akan mengambil formulir penjaringan, apakah akan datang sendiri atau diwakili LO.

Selain tokoh eksternal, PAN memiliki dua kader internal yang diusulkan yakni anak Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yakni Putri Zulkifli Hasan dan adik Zulhas yakni Helmi Hasan.

“Kalau internal ada Putri Zulkifli Hasan dan Helmi Hasan yang diusulkan oleh kader-kader. Tapi kalau mereka ingin maju, mereka juga harus mengambil formulir penjaringan di sini, bisa datang langsung atau diwakili LO,” sambung Joko.

Bakal calon gubernur (Balongub) Lampung, Hanan A. Razak telah mengambil formulir penjaringan di Kantor DPW PAN Lampung, Rabu (24/4).

Anggota DPR RI ini juga sebelumnya telah mendapat perintah dari Partai Golkar sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung 2024-2029.

Hanan A Rozak mengatakan, pihaknya mendaftar penjaringan di DPW PAN Lampung, sebagai bentuk keseriusan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan DPP Partai Golkar.

“InsyaAllah apa yang kami lakukan ini akan membuahkan hasil, kami daftar duluan di PAN karena sebelumnya dari tim PAN sempat bersilaturahmi dengan kami,” kata Hanan.

Disinggung terkait apakah bakal mendaftar penjaringan di partai politik lainnya, Hanan mengaku semua partai yang membuka penjaringan akan dijajaki.

“Kami masih menunggu partai lain, karena ini untuk kepentingan Lampung ke depan, agar bisa maju dengan harapan masyarakatnya bisa sejahtera,” ujarnya.

Sementara, terkait calon wakil yang didambakan untuk mendampinginya nanti, Hanan meyakini bahwa PAN Lampung memiliki banyak kader dan tokoh potensial yang memenuhi syarat, terlebih jika nantinya ditakdirkan untuk maju menjadi calon gubernur Lampung.

Usai mengambil formulir, Hanan langsung tancap gas meluncur ke Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

“Dari sini saya langsung ke Lamteng, perjalanannya memakan waktu banyak sehingga saya pakai dengan efektif dengan beberapa agenda,” kata Hanan.

Hanan menjelaskan, agenda pertama dirinya akan bertemu Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) untuk menyampaikan bahwa dirinya telah mendapatkan surat tugas dari DPP Golkar untuk maju sebagai calon gubernur Lampung.

“Kedua, karena saya kader Golkar maka saya akan bertemu kader partai Golkar mulai dari pimpinan kecamatan (PK) pimpinan desa (Pimdes) di sekitaran Kabupaten Punggur,” sambung Anggota DPR RI Dapil Lampung II ini.

Selanjutnya, pada malam hari dirinya akan hadir dalam pesta rakyat Gebyar Lampung Maju di Asto Mulyo, Kecamatan Punggur yang digagas Sahabat Hanan. “Silakan masyarakat Lamteng untuk hadir, ini pesta untuk kita semua,” ajaknya.

Anggota Tim Hanan, Hotdin Sihotang mengatakan pesta rakyat tersebut dihadiri sejumlah artis ibukota dan artis lokal, pilihan masyarakat Lampung.

 “Kami mengedepankan seniman dari Provinsi Lampung supaya menjadi hiburan berkualitas dan tetap bisa menghibur masyarakat Lampung. Kemungkinan peserta di atas 5.000, sampai 10.000 orang,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua tim Pilkada 2024 DPW PAN Lampung Joko Santoso mengatakan, pihaknya akan melaksanakan perintah DPP untuk melakukan penjaringan terhadap putra putri Lampung.

“Setelah melakukan penjaringan semua tahapan diatur dari DPP PAN, kami diperintahkan DPP bahwa penjaringan mengakomodir semua putra putri terbaik Lampung, untuk proses selanjutnya dilakukan dari DPP,” kata Joko.

“Secara resmi yang mengambil formulir sudah ada dua calon hari ini, sementara hingga kini belum ada lagi yang konfirmasi ambil formulir lagi,” tutupnya.

Sebelumnya, Hanan A Rozak juga menjadi Bacagub pertama yang bertemu Tim Penjaringan PAN Lampung. Kedua pihak bertemu di RM Kayu, Bandar Lampung, Sabtu sore (20/4).

Kepada Tim Penjaringan PAN Lampung, Hanan menyampaikan bahwa dirinya mendapat perintah dari Partai Golkar sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung 2024-2029.

Menindaklanjuti perintah DPP dirinya langsung melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan berbagai pihak dan kerja politik lainnya untuk pemenangan Pilgub Lampung. (*).

Komentar