oleh

Gandeng BBWSMS, Pemkab Mesuji Tangani Banjir

Harianpilar.com, Mesuji – Banjir yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Mesuji, direspon cepat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji dengan menggandeng Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWS MS).

Sejumlah alat berat diterjunkan untuk melakukan  normalisasi sungai dan aliran air, serta memasang Plastik Geobag guna memperbaiki tanggul jebol.

Melalui sambungan telepon, Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak pihak yang telah bekerja keras menangani masalah banjir baik di tingkat kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat.

Sulpakar menghimbau kepada masyarakat agar membangkitkan semangat gotong royong guna membersihkan aliran sungai di daerah nya masing masing, juga memastikan siring atau selokan mengalir dengan lancar serta tidak membuang sampai ke selokan atau ke sungai.

“Sepanjang bisa dilakukan dengan gotong royong untuk mengantisipasi banjir ayo bersama sama kita lakukan,” harap Sulpakar.

Sementara, mewakili Pj Bupati Mesuji Drs Sulpakar, MM, Sekdakab Mesuji Syamsudin menerima kedatangan Tim BBWS yang dipimpin oleh Kepala Balai Roy Pardede beserta rombongan, Sabtu ( 20/1)

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Mesuji menerima bantuan Plastik Geobag sebanyak 400 pcs, yang akan digunakan untuk memperbaiki tanggul yang rusak guna mencegah terjadinya bencana banjir susulan, serta menerjunkan satu unit alat berat berupa excavator PC 200 untuk normalisasi sungai dan aliran air di Desa Jaya Sakti, Simpang Pematang dan Harapan Jaya, Kecamatan Simpang Pematang.

Selain itu, Pemkab Mesuji juga menyalurkan bantuan paket sembako sebanyak 43 paket kepada korban terdampak banjir di tiga desa yaitu Jaya Sakti, Harapan Jaya dan Simpang Pematang.

Menyampaiklan sambutan Pj Bupati Mesuji Sulpakar, Sekdakab Syamsudin menyampaikan, terima kasih kepada BBWS MS yang telah turun langsung ke Kabupaten Mesuji untuk melihat situasi terkini pasca banjir terjadi, serta tanggap langsung melakukan aksi penanganan untuk mencegah terjadinya banjir susulan mengingat saat ini curah hujan sangat tinggi dan sesuai prediksi BMKG akan sampai pada bulan April 2024

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan kepada Kabupaten Mesuji terutama masyarakat desa yang terdampak banjir,” kata Sekdakab.

Dijelaskan Sekdakab, upaya ini hasil dari komunikasi dan koordinasi yang baik antara Pemkab Mesuji melalui OPD terkait dengan Balai Besar, BPBD Provinsi Lampung dan BNPB.

“Kami segera malakukan upaya penanganan pencucian sungai dan normalisasi saluran air yang menyebabkan banjir serta akan melakukan perbaikan tanggul menggunakan Geobag sebanyak 400 pcs dan akan menyalurkan bantuan air bersih ke desa desa yang membutuhkan,” jelas Sekdakab. (*).