oleh

Dendi Minta Kader Karang Taruna Berpikir Global

Harianpilar.com, Pesisir Barat – Kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) 2023 di Provinsi Lampung yang diselenggarakan di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) berlangsung meriah. Kegiatan BBKT ini juga sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Tarang (KT) Provinsi Lampung ke 63.

Ketua Karang Taruna Lampung Dr. Dendi Ramadhona, S.T.,M.Tr.I.P mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung selaku pembina Karang Taruna yang selalu mendukung kegiatan KT Lampung.

Ia menegaskan, Karang Taruna hari ini tidak serta merta sebagai wadah organisasi pemuda lokal saja. Tetapi, berfikir, berbuat dan bekerja secara global. “Berbuat lebih global yakni mengangkat harkat martabat masyarakat Provinsi Lampung,” tegas Dendi yang juga Bupati Pesawaran, Selasa (3/10/2023).

Ia mengungkapkan, awal mula terbentuknya organisasi Karang Taruna yang lahir pada tanggal 26 September 1960 di sekup Rukun Tetangga (RT) di daerah Kampung Melayu DKI Jakarta.

“Kegiatan ini masif se DKI Jakarta yang Gubernunya saat itu Ali Sadikin. Peluang masifnya gerakan Karang Taruna organisasi kepemudaan bersifat sosial di tangkap pusat dan dibentuk sebagai organiasasi resmi dibawah pemerintah langsung,”

Ia menambahkan, dalam kegiatan BBKT ini ada juga penghargaan resmi yang akan dilaporkan ke Kementerian Sosial dan masuk dalam lembaran negara. Tak lupa , ia mengajak untuk bergerak bersama mendukung program Gubernur Arinal Djunaidi. Yakni, menyukseskan  setiap program pemerintah baik secara langsung diajak ataupun tidak diajak.

“Kader KT sudah banyak masuk ke forum resmi. Seperti mencalonkan diri Caleg. Itu bukan menjalankan hasrat politik semata, tetapi kita berhadap kader KT punya prinsip dan tujuan mengentaskan permasalahan di masyarakat,” harapnya.

Sementara, Bupati Pesisir Barat Dr Drs Agus Istiqlal menyebutkan, sudah maksimal menyambut Gubernur Lampung yang menyempatkan hadir di kegiatan BBKT 2023 Lampung di Pesisir Barat.

Kemudian, ia mengatakan, kader KT bisa menjadi generasi penerus pemimpin yang selalu mendapat bimbingan Allah SWT. “Mudah-mudahan gerimis saat kehadiran Ketua Karang Taruna Lampung dan Pak Gubernur menjadi bukti keberkahan Allah SWT,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, kehadiran Pak Gubernur Lampung juga menjadi daya tarik dan sekaligus membuat UMKM di Pesisir Barat laris manis. “Semoga Pak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bisa seminggu tinggal di Pesisir Barat, Kami siap mendampingi dan menjaga Pak Gub,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan kader KT harus memiliki jiwa dan semangat optimis.

Kemudian, ia mangatakan atas nama Pemerintah Provinsi Lampung mengucapakan selamat HUT Karang Taruna¬† ke 63. “Semoga kegiatan ini mempererat tali silaturahmi seluruh Karang Taruna di Provinsi Lampung dan menjadi motivasi kita semua untuk memiliki jiwa pemimpin, peduli sosial dan peka terhadap sekitar serta mengabdi ke masyarakat,” ucap Arinal.

Ia mengungkapkan, Provinsi Lampung memiliki sumber daya alam yang melimpah dan itu memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. “Perlu peran aktif, jaringan komunikasi, kerjasama sinergi dan ini perlu kolaborasi kita semua,” ucap dia.

Ia juga berharap, kegiatan BBKT ini bukan sekedar seremonial saja. Tetapi menjadi motivasi bersama dalam memajukan perekonomian Lampung. Selain itu, ia mengatakan saat ini berupaya memperluas Bandara Taufiek Qiemas Krui dan memberdayakan sarana dan prasarana nelayan di Pesisir Barat.

“Saya tidak janji, tetapi berusaha untuk mewujudkan itu, ada potensi dari luar yang kita akan upayakan,” ucapnya.

Tak lupa, ia mengajak kader KT se-Lampung untuk terus maju bersama bergotong royong untuk memajukan Provinsi Lampung. “Saya berharap kader KT lebih solid sebagai mitra pembangunan Lampung yang semakin berkembang dan maju. Terus berjuang dan ikhlas dalam pengabdian,” pungkasnya.(fahmi)