oleh

Gubernur : Harian Pilar Media Jujur

Harianpilar.com, Bandarlampung – Surat Kabar Harian Pilar merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 10 tahun. Dalam perjalanannya Surat Kabar Harian Pilar dinilai sebagai media yang jujur, karena berani melakukan kritik terhadap yang harus dikritik, tapi juga tak segan memberikan apresiasi pada keberhasilan.

Hal itu disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menyampaikan sambutan dalam acara Gebyar 10 Tahun Surat Kabar Harian Pilar di Horison Hotel Bandar Lampung, Jum’at (16/12).

Gubernur Arinal mengatakan, angka satu dasawarsa telah dicapai oleh Surat Kabar Harian Pilar. “Selama sepuluh tahun berdirinya Surat Kabar Harian Pilar di tengah-tengah masyarakat Lampung, telah menunjukkan hasil kerja dengan berita yang faktual, berimbang dan kritis. Saya senang karena jujur, kalau berhasil dan baik diapresiasi dan beritakan yang positif, tapi kalau harus dikritik ya kritik. Memang kalau jiwanya aktivis gitu. Karena saya juga mantan aktivis mahasiswa, jadi saya tau,” ungkapnya.

Gubernur Arinal berharap Surat Kabar Harian Pilar dapat terus menjalankan perannya sebagai alat kontrol sosial yang baik. Selain itu, mampu menjadi wadah pers dan alat komunikasi massa yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.

“Surat Kabar Harian Pilar juga menjadi cermin berbagai peristiwa yang ada di masyarakat dan bahkan dunia. Sebagai surat kabar yang berfungsi memberikan informasi dan berbagai fakta kepada masyarakat, Surat Kabar Harian Pilar harus mampu membangun citra positif tentang daerah Lampung,” katanya.

Dikatakannya, media massa yang kompeten dan sarat informasi haruslah yang menjunjung prinsip-prinsip kompetensi, akurasi, dan kejujuran, sangat penting artinya bagi pemerintahan Provinsi Lampung yang demokratis.

“Saya berharap kepada jajaran Surat Kabar Harian Pilar agar dapat memberikan sajian berita terbaik kepada masyarakat Lampung dan ikut menginformasikan program-program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung maupun Kabupaten/ Kota dan senantiasa menjadi mitra Pemerintah dalam memajukan Provinsi Lampung. Selaras dengan tema “Bangkit Bersama dan Terus Berkarya” di peringatan HUT Ke-10 Surat Kabar Harian Pilar ini, saya harap Harian Pilar dapat tumbuh menjadi media massa yang semakin dewasa dan independen di Provinsi Lampung,” tandasnya.

Sementara, Pimpinan Umum Surat Kabar Harian Pilar, Mico Periyandho, mengatakan, Harian Pilar didirikan oleh sejumlah mantan aktivis mahasiswa yang menginginkan adanya media massa alternatif yang mampu benar-benar menjadi corong bagi rakyat tertindas, pengontrol kekuasaan, sekaligus menjadi penyampai informasi yang menjunjung tinggi hak publik atas informasi yang faktual.

“Karena didirikan oleh beberapa aktivis mahasiswa, sehingga tak mengherankan jika Surat Kabar Harian Pilar sejak awal selalu menyajikan informasi apa adanya, dengan bahasa yang mudah dipahami, dan berani menyampaikan kritik yang tajam. Namun, tetap memegang teguh kaidah-kaidah jurnalisme yang independent, faktual dan berimbang,” terangnya.

Mico mengakui, Surat Kabar Harian Pilar sangat intens mengkritik pemerintah termasuk Pemerintah Provinsi Lampung. Namun, kritik itu didasarkan pada fakta dan demi kebaikan, bukan didasarkan pada subyektifitas.”Tapi Harian Pilar juga selalu jujur memberitakan keberhasilan atau hal positif yang dilakukan pemerintah. Bukan hanya memberitakan, tapi Harian Pilar juga memberikan penghargaan terhadap lembaga pemerintah atau individu yang dianggap berhasil atau berkinerja baik untuk kepentingan masyarakat banyak,” tuturnya.

PT. Ranau Pilar Media (RPM) yang menaungi Surat Kabar Harian Pilar, lanjut Mico, tidak hanya mengedepankan aktivitas keredaksian dan bisnis media semata. Tapi juga selalu melakukan kegiatan-kegiatan lain seperti kegiatan sosial, seni budaya, hingga menggelar dialog-dialog yang bertujuan untuk kepetingan masyarakat banyak.

Bahkan, Surat Kabar Harian Pilar yang telah terverifikasi secara administrasi dan faktual oleh Dewan Pers, juga selalu berupaya menjaga menyampaikan informasi yang benar-benar akurat dan berimbang. “Mungkin banyak yang tidak tahu, untuk sebuah berita yang bersifat investigatif, crew Surat Kabar Harian Pilar tak jarang menghabiskan waktu berhari-hari dan berminggu-minggu serta dengan verifikasi dan konfirmasi yang berulang-ulang hanya untuk satu berita,” katanya.

Hingga saat ini, crew Surat Kabar Harian Pilar mulai Pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, dan redaktur/editor secara keseluruhan telah menyandang kompetensi tingkat utama. Dan Crew lapangan mayoritas sudah memiliki sertifikasi kompetensi tingkat Madya dan Muda. “PT.  RPM juga terus berupaya mengikuti perkembangan teknologi dan perilaku pembaca. Di era digital informasi bertebaran dengan cepat dan melalui berbagai platform, sehingga masyarakat dengan mudah mendapat informasi secara cepat,” urai Mico.

Dan penyajian informasi yang cepat melalui berbagai media sosial itu menjadi tantangan tersendiri. Sebab, sebagai perusahaan pers, tentu produknya harus memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik. Sehingga informasi yang disampaikan tidak hanya boleh cepat, tapi harus faktual dan berimbang.

Menjawab tantangan zaman itu, PT. RPM telah melahirkan dua perusahaan berbasis digital, yakni media online harianpilar.com dan Pilar TV Entertainment. Kedua media ini diharapkan akan terus berkembang dan menjawab tantangan zaman yang serba cepat dengan tetap memegang teguh kode etik jurnalistik, kaidah-kaidah produk pers yang baik.

Dalam 10 tahun hadir ditangan pembaca, Surat Kabar Harian Pilar sangat menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan. Tentu hal itu menjadi bagian dari komitmen kami untuk terus berbenah, dan secara terbuka Surat Kabar Harian Pilar selalu siap menerima kritik dan saran dari siapapun. Sebab tanpa kritik dan saran tentu kami akan sulit berbenah dan mengoreksi diri secara obyektif.

“Kami keluarga besar Surat Kabar Harian Pilar, mengucapkan ribuan terimakasih pada seluruh pembaca, mitra kerja, dan semua pihak yang selama ini telah mensupport hingga Surat Kabar Harian Pilar ada hingga saat ini. Surat Kabar Harian Pilar mengajak semua pihak bangkit bersama dari pandemi covid 19, dengan terus berkarya,” pungkasnya. (*)