oleh

Pemkab Lamtim Gelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi Tekan Kasus Anemia

Harianpilar.com, Lampung Timur – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi dalam rangka menekan kasus anemia di Kabupaten Lampung Timur melalui pemberian tablet penambah darah kepada seluruh remaja putri di Lampung Timur.

Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo menyampaikan bahwa tujuan dari Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Kabupaten Lampung Timur untuk menekan angka anemia di Kabupaten Lampung Timur.

“Perlu saya sampaikan tujuan gerakan aksi bergizi ini adalah dalam rangka penurunan anemia pada remaja khususnya remaja putri yaitu dengan pemberian tablet tambah darah pada remaja putri secara serentak yang dilaksanakan di sekolah,” kata Dawam saat membuka acara Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Kabupaten Lampung Timur Tahun 2022 di SMK N1 Sukadana Kecamatan Sukadana, Rabu (26/10/2022).

Selanjutnya M. Dawam Rahardjo menghimbau kepada seluruh stakeholder agar gerakan ini tidak berakhir dan berhenti akan tetapi dapat diteruskan hingga tujuan dan target dapat tercapai.

“Terkait hal tersebut saya instruksikan kepada Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan serta Tim Pembina UKS Kabupaten dan Kecamatan untuk mengawal kegiatan ini samoai seterusnya, khusus bagi pihak sekolah kiranya dapat mewajibkan siswa putrinya untuk mengkonsumsi Tablet Tambah Darah setiap minggu  sekali sehingga kedepannya remaja putri kita dapat terbebas dari anemia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut dilaksanakan pula beberapa kegiatan seperti, senam bersama, makan makanan bergizi, tamblet tambah darah, lomba pantun serta vicon dengan kemetrian kesahatan.

Dia menuturkan, kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi juga diharapkan dapat motivasi sekolah-sekolah lain untuk ikut melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin.

Selain itu sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri, serta mendukung pencegahan stunting secara nasional.

Hadir mendampingi M. Dawam Rahardjo, Seketaris Dalduk, Titin Wahyuni, Waka Kepala Sekolah, Deni Sumeyadi serta Forkopimcam Kecamatan Sukadana. (CAN).