oleh

Gudang Penimbunan BBM di Lampura Digerebek

Harianpilar.com, Lampung Utara – Satu unit gudang yang diduga menjadi tempat penimbunaan BBM di Desa Kalibalangan, Abung Selatan digerebek oleh Polres dan Kodim 0412 Lampung, Senin (12/9/2022) sekitar pukul 22.25 WIB. Hasilnya, 2.010 liter solar dan pertalite ditemukan di lokasi.

“Kami temukan ada 2.010 liter BBM jenis solar dan pertalite di gudang tersebut,” ucap Kapolres Lampung Utara, AKBP Kurniawan Ismail.

Menurutnya, gudang yang diduga menjadi tempat penimbunan itu milik seseorang yang bernama Jaelani. Ribuan liter BBM itu terdapat di dalam 67 jeriken. Rinciannya, 52 jeriken berisikan solar, dan 15 jeriken lainnya berisikan pertalite. 

“Sudah menjadi komitmen Polri dan TNI untuk mengungkap aksi penimbunan BBM bersubsidi,” jelasnya.

Ia mengatakan, temuan yang mereka dapati ini akan segera didalami. Dengan demikian, para pelaku yang terlibat di dalamnya dapat segera diamankan. Tak menutup kemungkinan, pihak SPBU juga akan mereka periksa.

“Nanti akan kami kembangkan ke SPBU dan para pelaku lainnya. Pelaku ini akan kita kenakan UU Migas,” kata dia.

Di tempat sama, Jaelani‎ mengakui bahwa telah lama menjalani bisnisnya tersebut. Bisnis itu dijalaninya sejak lima belas tahun lalu. Meski begitu, ia mengatakan, memiliki surat izin yang dikeluarkan oleh pihak kecamatan dan desa. 

“Kami dikenakan biaya tambahan 5 ribu per jerikennya. BBM itu kami jual kepada konsumen di Bungamayang seharga Rp11 ribu,” ucapnya. (Iswan)