oleh

Tiga Juta Vaksin Moderna Tiba

Harianpilar.com, Bandarlampung – Sebanyak tiga juta dosis vaksin Covid-19 siap pakai siang tadi tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dengan pesawat Qatar Airways, Minggu (11/07/2021). Vaksin yang datang kali ini adalah vaksin Moderna dari pemerintah Amerika Serikat.

Informasi ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui laman facebook resminya. Sampai hari ini, Indonesia telah mengamankan lebih dari 122,7 juta dosis vaksin, baik berupa bahan baku vaksin maupun vaksin siap pakai, dari Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, dan Moderna.

“Program vaksinasi di Indonesia telah mencapai 52 juta suntikan. Pemerintah akan terus bekerja keras untuk memastikan kesediaan vaksin bagi Indonesia. Kesehatan dan keselamatan rakyat akan selalu menjadi prioritas,” ujar Presiden.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan lonjakan kasus Covid-19 di tanah air harus ditangani dengan kerja keras dan bersama-sama. Presiden Joko Widodo meminta semua kepala daerah turun langsung melihat penanganan covid 19.

“Saya meminta kepada seluruh kepala daerah baik yang berada di Pulau Jawa dan Bali yang saat ini sedang diberlakukan PPKM Darurat, maupun di luar Pulau Jawa dan Bali, untuk terus mengecek langsung ke lapangan terkait kondisi penanganan pandemi di daerahnya masing-masing,” ujar Presiden Jokowi melalui laman facebook resminya.

Menurut Jokowi, para kepala daerah perlu turun langsung memantau kesiapan-kesiapan alat kesehatan, seperti tabung oksigen, juga tempat-tempat isolasi untuk pasien Covid-19.

Presiden Jokowi juga turun langsung mengcek penangan covid 19. Salayh satunya datang ke Rumah Susun Pasar Rumput untuk melihat langsung tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19. Rusun di Jakarta ini dipersiapkan pemerintah sebagai antisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

“Rusun Pasar Rumput terdiri atas tiga menara, salah satunya telah siap digunakan dengan kapasitas 2.060 tempat tidur. Jika ditambah dengan tower kedua dan ketiga yang akan siap dalam 2-3 hari ini, maka kapasitas totalnya mencapai 5.950 tempat tidur,” pungkasnya.(Sifa/Maryadi)