oleh

Formasi CPNS Sepi Peminat, Peluang Besar

Harianpilar.com, Jakarta –¬†Pendaftaran seleksi CPNS 2021 telah resmi dibuka sejak 30 Juni 2021. Selain CPNS, seleksi juga dilakukan bersamaan dengan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Kira-kira apa saja formasi CPNS sepi peminat?

Salah satu strategi untuk lolos dengan lebih mudah adalah dengan mendaftar formasi CPNS sepi peminat. Formasi yang sepi peminat ini tersebar di beberapa instansi baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Jika melihat dari seleksi CPNS tahun sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui situs resminya ww.bkn.go.id telah mencatat berbagai formasi CPNS sepi peminat. Yakni Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian, Masinis III Kapal Kelas I, Asisten Ahli – Dosen Arkeologi, Asisten Ahli – Dosen Audit Perbankan Syariah, Asisten Ahli – Dosen Bahasa Jawa Kuno, Asisten Ahli – Dosen Bahasa Mandarin, Asisten Ahli – Dosen Bahasa Pali, Asisten Ahli – Dosen Bermain dan Permainan RA/PAUD, Asisten Ahli – Dosen Dharma Wacana Hindu, Asisten Ahli – Dosen Diksi.

Adapun instansi dengan jumlah pelamar paling sedikit berdasarkan data tahun 2019 adalah , Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, Sekretaris Komnas HAM, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Kementerian Riset dan Teknologi.

BKN menyebutkan formasi CPNS sepi peminat tersebut bisa menjadi alternatif bagi para calon pendaftar. Selain itu, BKN setiap hari juga telah memberikan update jumlah pelamar CPNS 2021 melalui akun media sosial resminya.

Hingga kemarin, BKN mencatat sudah ada 1,7 juta akun mendaftar untuk mengikuti seleksi CPNS 2021. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan total kebutuhan yang tak mencapai satu juta formasi. Jumlah pelamar yang daftar akun SSCASN pada 4 Juli 2021 mencapai 46.854.

Perlu diperhatikan, para pendaftar perlu memastikan kembali kualifikasi yang dibutuhkan terutama dari segi jenjang dan jurusan pendidikan.

Secara umum syarat yang dibutuhkan untuk formasi tersebut sama dengan formasi CPNS 2021 lainnya. Para pendaftar hanya perlu mengunggah dokumen seperti KTP, KK, ijazah terakhir, dan transkrip nilai.

Pendaftaran CPNS dibuka melalui laman sscasn.bkn.go.od mulai 30 Juni hingga 21 Juli 2021 mendatang. Sebelum melakukan proses pendaftaran, calon pendaftar diharuskan membuat akun baru dengan menggunakan NIK dan password.

Calon pendaftar diharapkan tidak melakukan proses pendaftaran dengan jarak waktu yang mepet. Informasi BKN, tahun ini pemerintah membuka seleksi untuk 676.733 formasi yang terdiri dari CPNS dan PPPK.(Suara.com)