oleh

Pemkot Metro Komitmen Dukung Program KPB

Harianpilar.com, Metro – Pemerintah Kota Metro komitmen mendukung pelaksanaan program Kartu Petani Berjaya (KPB) yang dicanangkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Komitmen tersebut disampaikan Walikota Metro Achmad Pairin saat rapat koordinasi bersama tim pelaksana program KTB Provinsi Lampung, Jumat (13/03/2020).

Menurut Pairin, program KPB yang sejalan dengan kondisi masyarakat Kota Metro yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani. Terlebih Kota Metro dikenal sebagai salah satu lumbung padi Provinsi Lampung.

“Program KPB ini tentu sangat bauik sekali untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, sekaligus mendongkrak kesejahteraan petani, khususnya di Kota Metro,” kata Pairin.

Dia berharap, dengan adanya KPB para petani dapat mendapatkan berbagai kemudahan, seperti memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi, benih unggul dan bantuan modal usaha budidaya.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan hasil panen padi para petani di Kota Metro mampu melampaui target. “Dari target  45 ribu ton gabah, petani kita justri bisa menghasilkan  47 ribu ton gabah,” ungkapnya.

Ketua Tim KPB Provinsi Lampung Prof. Dr. Ir. Muhammad Yusuf Sulfarano Barusman, M.BA mengatakan, beberapa kemudiahan yang didapat petani melalui KPB, antara lain: mendapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuha pukuk bersubsidi, benih, permodalan. Bahkan, beasiswa melanjutkan pendidikan bagi anak petani berprestasi.

“Dengan KPB, petani mendapatkan kepastian ketersediaan pupuk, benih, pestisida dan insektisida dan memudahkan mendapat bantuan permodalan. KPB juga bisa digunakan untuk pengembangan usaha peternakan dan perikanan,” kata Yusuf Sulfarano Barusman.

Selain itu, petani juga bisa mendapatkan jaminan asuransi usaha tani dan memberikan kepastian pemasaran hasil panen. (Zuli)