oleh

16 Tokoh Daftar Penjaringan Balonkada PDIP Tanggamus

Harianpilar.com, Tanggamus – Penjaringan bakal calon bupati (Balonbup) dan bakal calon wakil bupati (Balonwabup) periode 2018-2023 yang dibuka Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tanggamus ramai dimininati. Hingga batas waktu penutupan sudah 16 orang yang mengambil formulir pendaftaran, 6 untuk balonbup dan 10 untuk balonwabup.

Adapun daftar Bakal Calon Bupati yang telah mengambil formulir pendaftaran dipanitia pendaftaran PAC PDIP untuk Balon Bupati yaitu Dewi Handajani, Samsul Hadi, Joko Santoso, Nizwar Affandi, Suhardi MY dan Rizal Umar. Sementara untuk Bakal Calon Wakil Bupati diisi oleh, Alhazar Syahyan, Ahmad Barkhia, Taufiqurrahman, AM. Syafi’i, Nuzul Irsan, KRT S. A. Perkasa, Zaonuddin Hanafi, Pandu Kesuma D, Teddy Kurniawan dan Sugiharto.

Sejak dibuka pada Sabtu (20/5/2017) lalu hingga hari ketiga pendaftaran, memang belum ada gerakan dari calon, hal ini karena beberapa calon lebih memilih untuk wait and see.

Orang pertama yang mengambil formulir untuk  balon wabup adalah mantan Ketua DPRD Tanggamus Alhajar Syahyan, lalu selang satu hari kemudian mantan anggota DPRD Tanggamus Ahmad Barkhiya yang juga mengambil formulir balonwabup, dan di hari Rabu (24/5/2017) sekitar pukul 11:15 WIB, Taufik Urrahman yang mengambil balonwabup, ketiga orang yang mengambil formulir balon wabup tersebut semuanya diwakilkan oleh kerabat ataupun anggota tim pemenangan.

Kemudian satu hari jelang penutupan pengambilan berkas, pada Jumat (26/5/2017) barulah para bakal calon mulai  ‘menyerbu’ kantor DPC PDIP Tanggamus yang berada di Jalinbar  Pekon Kampung Baru Kecamatan Kota Agung Timur, yang pertama kali mengambil formulir pendaftaran adalah  Dewi Handajani yang diwakili oleh Tim Relawan Wanita Amanah, Gisti Antiyeni, Oman dan Sujana Salim dari tim relawan Dewi. Kedatangan tim relawan Dewi sekitar pukul 08.00 WIB tersebut disambut oleh Ketua Tim Penjaringan Hasmal Yadi, Sekretaris Tim Penjaringan, Bendahara Yulistina Heryati serta anggota tim penjaringan  Zainadi  dan Ferry.

“Besar Harapan kami dengan PDIP  dapat mengusung ibu Dewi dalam pencalonannya pada pilkada 2018 mendatang,”ujar  Yeni.

Selang beberapa menit kemudian, tepatnya pukul 08.33 WIB, anggota DPRD Tanggamus Hi.AM.Syafii yang dimandatkan oleh Hi.Supangat mengambil formulir balon wabup disusul Hi.Samsul Hadi yang mendaftar sebagai balon bupati, dalam megambil formulir tersebut, Samsul memberikan mandat kepada Ustadz Hurairi yang merupakan tokoh agama di Kecamatan Gisting

Selepas Salat Jumat sekitar pukul 14.17 WIB, anggota DPRD Tanggamus Hi.Nuzul Irsan bersama relawannya datang untuk mengambil formulir balon wabup. Nuzul yang saat mendaftar mengenakan kemeja merah yang merupakan baju kebesaran dari PDIP mengaku optimis dapat diusung oleh partai besutan Megawati Soekarno Putri.

”Saya optimistis bisa diusung oleh PDIP. Pendaftaran ini juga benar-benar saya niatkan jadi tidak main-main, nanti saya juga akan kembalikan  formulir sebagai bentuk keseriusan,” katanya.

Nuzul juga menyatakan bahwa saat ini dirinya sudah membentuk tim relawan baik ditingkat kabupaten maupun kecamatan.

”Untuk tim sudah dibentuk baik kabupaten dan kecamatan, untuk ditingkat pekon akan segera menyusul, dan sehabis hari raya  Idul Fitri saya  akan pasang banyak banner untuk sosialisasi,” kata dia.

Kemudian saat disinggung mengenai calon pendampingnya,  Nuzul menyerahkan sepenuhnya kepada PDIP.” Nah, kalau untuk pasangannya siapa, itu tergantung dari rekomendasi partai, mohon doanya ya,” ucapnya.

Tak lama setelah Nuzul mengambil formulir, giliran anggota DPRD Provinsi Lampung Joko Santoso yang melalui perwakilannya Muhammad Zaini mengambil berkas untuk

Ketua Tim Penjaringan Hasmal Yadi, mengatakan bahwa 16 orang pendaftar dengan 6 orang balon Bupati dan 10 orang balon Wabup sudah melebihi target yang diperkirakan sebelumnya.

“Dari awal pembukaan kami menargetkan 6 pasang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mendaftar, dan ternyata hingga akhir pendaftaran ternyata untuk balon Wakil Bupatinya yang melampaui target yakni hingga 10 orang,” ujar Hasmal.

Hasmal juga menjelaskan dengan telah ditutupnya pendaftaran atau pengambilan berkas pada hari Sabtu (27/5/2017) maka pengembalian berkas akan kami mulai pada hari Senin (29/5/2017) hingga hari Sabtu (5/6/2017).

“Mulai hari Senin mendatang kami sudah membuka kembali untuk pengembalian berkas bagi para balon yang telah melengkapi semua berkas persyaratanya, dan kemudian untuk diferifikasi dan selanjutnya diserahkan ke DPP, ” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa, PDIP memberlakukan sama kepada setiap pendaftar, sehingga biarpun kader tidak mendapat keistimewaan.

”Ya semua sama tidak ada diskriminasi, untuk mengenai siapa yang bakal diusung, itu wewenang dari DPP, sebab yang menilai elektabilitas calon adalah DPP bukan DPC,”pungkasnya. (Agus/Mar)