oleh

PLN Palembang Akan Putuskan Kontrak PT Mardika?

Harianpilar.com, Mesuji – PLN Sumatra Selatan akan melakukan evaluasi terhadap PT. Mahardika selaku pemenang tender Gardu Induk di Kabupaten Mesuji Desa Simpang Pematang, yang hingga kini pekerjaannya masih mandeg.

Manger Umum PLN Sumatra Selatan Dedy, mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melalukan evaluasi kembali PT. Mahardika tersebut. Paslnya kontrak di awal pengerjaan di tahun 2013 lalu dengan nilai dolar berkisar Rp9000 sampai Rp10.000. “Kini telah berbeda tahun dan berbeda pula nominal dolar saat ini. Waktu itu Kontrak mereka dengan kita saat Dolar Rp9000 dan mereka menyanggupi pengerjaan gardu induk tersebut, Sekarang dolar melambung tinggi. Nah kita tengah melakukan evaluasi kontrak lagi apakah masih di pertahankan atau tidak,” jelas Dady saat di hubungi via phonsel pribadinya kemarin.

Menurut Dedy, hasil akhir dari evaluasi itulah yang akan menentukannya. Jika PT Mahardika tidak mampu dalam hal ini PLN akan cari rekanan baru. “Jika mereka tidak mampu dalam melanjutkan kontrak. Kita akan putus kontrak dengan mereka, dan akan kita lelang ulang mencari kontraktor baru lagi,” jelasnya

Dady menegaskan bahwa komponen dari gardu induk itu sebagian besar peralatannya berasal dari luar negeri. Sementara ini harga dolar semakin meninggi berbanding waktu kontrak lalu. “Waktu kontrak Tahun 2013 harga dolar masih murah. Sekarang dolar sudah meningkat. sementara saat alat-alat dan komponen gardu induk sebagian besar berasal dari luar negeri. Jadi kita minta pertanggung jawaban mereka apabila tidak bertanggung jawab akan kita putus kontrak,” katanya (sandri/joe)