oleh

SMPN 4 Bentuk Satgas Narkoba

Harianpilar.com, BandarLampung – Guna menekan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, SMPN 4 Bandarlampung akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Narkoba.

Wakil SMPN 4 Sukarman Effendi mengatakan, satgas anti narkoba yang di miliki SMPN 4 Bandarlampung merupakan bentuk penekanan terhadap narkoba di lingkungan sekolah.

“Bentuk Satgas yang berada di sekolah untuk membina, memberikan sosialisasi kepada pelajar lainnya tentang apa itu narkoba, jenis narkoba dan bahayanya terhadap fisik dan mental,” kata Sukarman, saat sosialisasi di aula SMPN 4 Bandarlampung, Senin (16/2/2015).

Dijelaskan Sukarman, Satgas ini sendiri berasal dari Organisasi Siswa Itera Sekolah (Osis) yang bekerjasama dengan pihak kepolisian dan Badan Narkotika Provinsi (BNP) Lampung dan Badan Narkotika Kota (BNK) Bandarlampung.

Menurutnya, penyuluhan dengan teman sebaya justru bisa lebih fleksibel dan mudah ditangkap oleh siswa. Satgas Anti narkoba berperan seabagai fasilisator antara BNP Lampung dengan siswa yang ada di sekolah.

Nantinya, setiap ada informasi maupun pertanyaan mengenai bahaya narkoba dari siswa lain, peran satgas inilah yang memberikan pejelasan. Namun bila pertanyaan tidak bisa dipecahkan, satgas bisa menyampaikan kepada BNP Lampung untuk kemudian jawaban dari pertanyaan tersebut disampaikan kembali kepada teman yang lain.

”Para Satgas ini adalah role model. Mereka menjadi contoh terbaik dalam rangka mengampanyekan bahaya narkoba di lingkungan sekolah,” terangnya.

Sementara itu, menurut kasi Destimasi dan informasi SMPN 4 Bandar Lampung Sutarwo menambahkanbahaya narkoba sudah merambah anak usia dini (pelajar). Untuk mencegahnya, sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) melalui pemberdayaan Satgas Antinarkoba di lingkungan sekolah mutlak dilakukan.

“Satgas Anti narkoba di sekolah harus diberdayakan agar implementasi P4GN optimal. Advokasi pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di lingkungan pendidikan dalam menyusun kebijakan,” imbuhnya. (Putra/Harry/JJ).