oleh

ADD Lampura Hanya Cair Satu Bulan

Harianpilar.com, Lampung Utara – Meskipun memiliki tiga bulan tunggakan Alokasi Dana Desa (ADD), namun ‎ADD yang mampu dibayarkan oleh Pemkab Lampung Utara pada pemerintah desa ternyata hanya satu bulan saja. Padahal, ADD itu sangat dibutuhkan untuk menggaji ribuan perangkat desa yang telah menunggak sejak tiga bulan ini.

“Total  tunggakan ADD tahun 2023 memang ada tiga bulan, tapi pemkab hanya mampu membayarnya untuk satu bulan saja,” ucap salah seorang kepala desa di Lampung Utara yang meminta namanya dirahasiakan, Minggu (16/4/2023).

Menurutnya, ADD ini merupakan kebutuhan yang mendesak bagi setiap pemerintah desa. Sebab, penggajian seluruh perangkat desa itu hanya bersumber dari ADD. Sepanjang ADD itu lancar maka penggajian itu akan lancar pula. Begitu pun sebaliknya.

‎Sayangnya, yang terjadi di daerahnya tidak demikian. Penyaluran ADD itu selalu tidak dapat rampung tiap tahunnya. Akibatnya, para perangkat desa sering tidak menerima haknya secara penuh dalam tiap tahunnya.

“Kami enggak bisa berbuat apa-apa karena yang punya kebijakan kan bukan kami,” tuturnya.

Sementara itu, kepala desa lainnya yang juga menolak disebutkan identitasnya mengatakan, tunggakan ADD yang baru saja disalurkan oleh pemkab itu adalah ADD bulan Januari saja, sedangkan ADD Februari-Maret belum dapat dipastikan kapan pencairannya. “Hanya satu bulan saja yang bisa dicairkan. Sisanya, enggak tahu kapan,” kata dia.

Penyaluran ADD di Lampung Utara selalu saja tidak pernah rampung tiap tahunnya. Akibatnya, selalu terjadi tunggakan ADD sehingga menyebabkan para perangkat desa tak dapat menerima haknya secara penuh dalam setahun. Tunggakan ADD itu selalu dibayarkan pada tahun berikutnya. Persoalan ini juga sempat diprotes besar-besaran oleh mereka dengan melakukan aksi unjuk rasa pada tahun 2019 silam.  (Iswan)