oleh

SMAN I Waylima Akhirnya Serahkan Ijazah Siswa

Harianpilar.com, Pesawaran – Enam siswa SMAN I Waylima, Pesawaran akhirnya dapat bernafas lega, setelah pihak sekolah memberikan ijazah yang sempat ditahan lantaran belum melunasi angsuran uang komite. Pemberian ijazah dilaksanakan di sekolah melalui wali murid, Rabu (30/11).

Mewakili wali murid, Khoirullah mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pihak sekolah  karena ijazah anaknya telah dapat ia terima.

“Berulangkali saya pinta di sekolah, ijazah anak saya gak pernah dikasih, alasannya harus menyelesaikan dahulu tunggakan yang ada, dan saya minta Surat Keterangan Lulus (SKL) juga gak dikasih,” ungkapnya.

Meski persoalan ijazah ini sempat membuat heboh, namun dirinya berterimakasih kepada semua pihak khususnya pihak sekolah yang telah memberikan ijazah anaknya.

“Dan ini setelah dilaporkan dan heboh, baru diberikan oleh pihak sekolah. Untuk itu saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu soal ijazah anak saya ini,” kata Khoirullah.

Terkait polemik ijazah ini, salah satu tokoh pendiri Kabupaten Pesawaran, Mualim Taher angkat bicara. Dirinya menyayangkan juga menyesalkan atas kebijakan pihak SMAN I Waylima tersebut.

Menurutnya, sejatinya dengan dalih apapun  ijazah merupakan hak dari siswa sebagai tanda siswa tersebut telah tamat belajar dan dinyatakan lulus menyelesaikan Ujian Akhir Sekolah (UAS).

“Yang namanya ijazah itu merupakan hak siswa, kalo pun menyangkut iuran Komite tidak semestinya dikaitkan dengan ijazah,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga meminta kepada pihak SMAN I Waylima  tidak hanya sebatas membagikan ijazah kepada enam siswa saja, namun untuk semua ijazah siswa yang telah lululs UAS juga semestinya segera diberikan kepada siswa ataupun walimurid.

” Kiranya mash ada yang belum menerima ijazah, pihak sekolah (SMAN I Waylima) tidak lagi menyoalkan tunggakan sekolah, secepatnya diberikan kepada mereka (siswa-Red), karena ijazah diperlukan baik untuk kerja ataupun untuk melanjutkan kejenjang perguruan tinggi, ” pungkasnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMAN I Waylima,Yohanes , ketika disoal lebih lanjut terkait ijazah yang diduga masih belum dibagikan oleh pihak SMAN I Waylima terhadap siswa yang telah lulus UAS. Belum dapat memberikan kejelasan, dihubungi melalui pesan WhatsApp, sang Kepsek belum merespon dan belum memberikan jawaban pasti. (*).