oleh

Bupati Tanggamus: Jalan Usaha Tani Dongkar Perekonomian Warga

Harianpilar.com, Tanggamus – Jalan Usaha Tani menghubungkan areal perkebunan dan persawahan di Pekon Wonoharjo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus. Jalan ini sangat vital bagi mobilitas para petani dalam mengangkut hasil kebun dan sawahnya menuju atau dari lahan sawah dan kebun disekitar wilayah ini.

“Pembangunan jalan usaha tani mendongkar perekonomian warga. Jalan tersebut merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan,” kata Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, SE saat meresmikan Jalan Usaha Tani di Pekon Wonoharjo, Kecamatan Sumberejo, Selasa (25/10/2022).

Bupati Tanggamus menjelaskan jalan usaha tani Dusun Bapri Pekon Wonoharjo dengan panjang 330 meter, lebar  1,5 meter. Mudah-mudahan pembangunan ekonomi rakyat di Pekon Wonoharjo ini bisa berkembang dan saya juga berharap agar masyarakat dapat menjaga dan merawat Jalan usaha tani ini bersama – sama sehingga jalan usaha tani ini bisa bermanfaat untuk seluruh masyarakat terutama para petani.

Lanjut bupati mengungkapkan dengan dibangunnya jalan usaha tani ini yang dahulu becek, licin dan susah, kini sudah berubah jadi jalan yang mulus dan bahkan mudah dilewati oleh motor.

Kondisi jalan yang rusak, jelas sangat menghambat petani untuk maju. Karena, untuk menuju ke kebun dan sawah membawa hasil panen sangat kesulitan. Sekarang, petani bisa membawa pupuk dan sebaliknya mengangkut hasil panen dengan mudah.

Pembangunan infrastruktur berupa jalan seperti ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Warga Pekon dikatakan sejahtera apabila kebutuhan pokoknya dapat terpenuhi seperti seperti, kebutuhan akan pangan, sandang, papan, rasa aman serta lingkungan yang baik. Itulah sebabnya Pemerintah Kabupaten Tanggamus tiada hentinya berikhtiar guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jalan yang kita resmikan untuk perbaikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya sarana pertanian. Karena berbagai sarana yang kita bangun ini akan sia-sia jika tidak membawa perbaikan kepada pelayanan umum. Semua sarana ini dibangun dengan menggunakan uang warga masyarakat dan pada hakekatnya jalan ini adalah milik warga, dan dipergunakan demi kemajuan dan kebaikan dari warga pekon itu sendiri,” tukasnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Karya Makmur Tiga Abdurrahman mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah terutama kepada bupati tanggamus atas di bangun dan diresmikankan nya jalan usaha tani dusun bapri pekon wonoharjo hari ini.

“Semoga dengan dibangun nya jalan usaha tani ini kehidupan kami masyarakat Sumberejo khusus di bidang pertanian menjadi sejahtra dan lebih makmur lagi kedepannya. Semoga kami juga bisa merawat dan menjaga agar jalan usaha tani ini tetap bagus,” katanya. (Ron)