oleh

OZK 2022 Dimulai, Polda Libatkan 733 Personil

Harianpilar.com, Bandarlampung – Polda Lampung mulai menggelar Operasi Zebra Krakatau (OZK) 2022, Senin (3/10) dengan melibatkan 733 personil selama 14 hari mulai tanggal 3-16 Oktober 2022 secara serentak di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan dimulainya OZK 2022 dimulai dengan kegiatan upacara yang dilaksanakan di lapangan Mapolda Lampung, Senin (3/10).

Kapolda Lampung Irjen Pol. Akhmad Wiyagus mengatakan, Operasi Zebra Krakatau 2022 ini mengambil Tema, Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang Presisi.

“Operasi ini dalam rangka cipta kondisi menjelang Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, dengan maksud Meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis yang didukung penegakan hukum secara elektronik, teguran simpatik untuk meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri dengan tetap menerapkan Prokes COVID-19,” kata Kapolda.

Tujuannya, kata Kapolda, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menurutnya angka penularan Covid-19 khususnya di Wilayah Polda Lampung.

“Kemudian, sasaran operasi zebra krakatau tahun 2022 ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi dapat menyebabkan pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” ujar Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda memberikan beberapa penekanan pada personil yang terlibat Operasi Zebra Krakatau 2022, yakni pertama, selalu memohon doa kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Esa sebelum melaksnakan tugas, kedua utamakan faktor keamanan dan keselamatan dlm melaksanakan tugas.

“Hindari perbuatan kontra produktif yang dapat merusak citra polri serta tetap menjaga Marwah Polri, keempat, Tidak berorientasi pada Gakkum lantas/tilang tetapi lebih mengutamakan kegiatan Preetif dan prefentif serta tindakan Humanis,” tegasnya.

Terakhir, Kapolda meminta kepada seluruh jajarannya untuk melakukan tugasnya dengan baik.

“Laksanakan tugas dan pedomani standar operasional prosedur yang ada dalam setiap melaksanakan tugas,” pungkas Kapolda. (*)