oleh

Gubernur Buka Forsgi Tingkat Provinsi Lampung

Harianpilar.com, Bandarlampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Festival Forum Sepakbola Generasi Indonesia (Forsgi) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 memperebutkan Piala Gubernur U-10 dan U-12 di Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, Bandarlampung, Minggu (25/9).

Festival Forsgi ini diikuti 34 tim terdiri dari 17 tim U-10 dan 17 tim U-12 se- Provinsi Lampung.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya Festival ini, selain sebagai wahana untuk meningkatkan silaturahmi di antara peserta, juga sebagai wahana untuk menggali potensi minat dan bakat di bidang sepakbola usia dini di Provinsi Lampung,” ujar gubernur.

Hadir pada acara itu, Pembina Forsgi Pusat Irjen Pol (Purn) Dunan Ismail Isja, Ketua Umum Forsgi Agus Riyanto dan Plt. Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda.

Arinal mengatakan festival ini merupakan momentum penting dalam upaya mengembangkan bakat anak usia dini khususnya di bidang olahraga sepakbola.

Ia meminta dari festival ini, nantinya akan ada anak U-10 dan U-12 yang mewakili Provinsi Lampung untuk ikut dalam Festival Nasional Piala Menpora pada Oktober 2022 mendatang di Stadion Patriot Candrabhaga.

“Saya tunggu harus ada yang terpilih. Ayo bersaing dengan daerah lain untuk berprestasi dan kita harus lebih unggul,” katanya.

Arinal menyebutkan pembinaan olahraga sepakbola di Provinsi Lampung untuk terus dilakukan sejak dini.

Menurutnya, sehingga kedepan dapat menghasilkan bibit-bibit pesepakbola yang benar-benar dapat diandalkan.

“Hal ini karena pendidikan yang dilakukan sejak dini akan memberikan peluang lebih besar bagi lahirnya atlet-atlet sepak bola yang dapat menjunjung tinggi dan mengharumkan nama daerah Lampung khususnya dan Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Arinal menyebutkan rutinitas sepakbola usia dini ini tidak hanya dalam rangka prestasi olahraga saja, tetapi juga untuk membina karakter anak generasi penerus bangsa.

“Ini menjadi prioritas yang harus kita lakukan mulai sejak usia dini. Saya minta melalui Kadis Pemuda Olahraga untuk perhatikan dan menyusun segalanya sehingga kita bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arinal meminta dukungan terhadap pembangunan Sport Center yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Tidak ada alasan tidak berprestasinya dibidang olahraga karena fasilitas sarana prasarana olahraga sudah disiapkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Forsgi Agus Riyanto mengatakan Forsgi hadir di Provinsi Lampung dalam rangka pelaksanaan Festival Nasional Piala Menpora yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2022 mendatang di Stadion Patriot Candrabhaga.

Agus menjelaskan nantinya Forsgi akan memilih para pemain U-10 dan U-12 masing-masing sebanyak 25 orang pemain terbaik se- Indonesia untuk ikut Festival Nasional sekaligus boarding school. (Ramona/JJ).