oleh

10 Randis Lampura Belum Bayar Pajak

Harianpilar.com, Lampung Utara – Tingkat kesadaran sejumlah pejabat Lampung Utara dalam membayar pajak kendaraan dinasnya dinilai sangat rendah. Buktinya, hingga kini ke-10 ranis‎ yang dikandangkan belum juga diambil, karena belum melunasi tunggakan pajak.

“Masih ada 10 unit mobil dinas yang belum diambil karena pajaknya belum dilunasi,” ucap Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset‎, Andriwan, Senin (5/9/2022).

Menurutnya, kesepuluh mobil itu berasal dari sejumlah instansi. Rinciannya, ‎satu unit dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dua unit dari Dinas Pertanian, dua unit milik Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dispora), dua unit milik Dinas Pendidikan‎ dan Kebudayaan, dua unit milik Dinas Sosial, dan satu unit milik Dinas Komunikasi dan Informatika. Mobil – mobil itu terparkir rapi di depan kantornya.

“Baru Dispora ‎yang meminjam BPKB ke kami untuk melunasi tunggakan pajak mereka. Mungkin, besok mobilnya sudah mereka ambil jika mampu menunjukan bukti pelunasan pajak,” kata dia.

Ia mengatakan, sebenarnya jumlah mobil dinas yang menunggak mencapai puluhan unit. Namun, puluhan mobil itu memang dalam kondisi rusak sehingga belum dapat dioperasikan untuk sementara waktu. “Mobil dinas yang rusak berat‎ itu ada 11 unit. Sama sekali tidak bisa dioperasikan,” ujarnya.

Pihaknya sedang menyiapkan solusi atas persoalan tersebut. Salah satu solusi yang disiapkan ialah melakukan pelelangan. Pelelangan baru dapat dilakukan setelah mendapat izin dari instansi terkait.

“Kami menunggu dulu arahan pimpinan terkait persoalan ini. Jika memang harus dilelang maka tentunya kami harus menyiapkan  berbagai kelengkapan administrasi yang diperlukan,” jelasnya. (Iswan )