oleh

Kodim Way Kanan Salurkan Bantuan ke 15 Ribu PKL

Harianpilar.com, Way Kanan – Kodim 0427/Way Kanan menyalurkan bantuan tunai kepada 15 ribu pedagang kaki lima dan warung lewat program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan (BTPKLWN) dari Kementerian Keuangan RI, di Makodim 0427 Way Kanan, Selasa (12/04/2022).

Komandan Kodim (Dandim) 0427/WK, Letkol Inf Anak Agung Gede Rama, CP, S.Sos. mengatakan, BTPKLWN ini merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan yang penyalurannya melibatkan TNI dan Polri. Bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha mikro dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19.

“Bantuan dibagikan kepada sebanyak 15 ribu pelaku usaha mikro dan PKL di Way Kanan ini secara bertahap. Untuk pendataan dan validasi, pihaknya melibatkan petugas Babinsa di tiap Koramil untuk mendata warga di desanya yang memiliki usaha warung atau pedagang kaki lima (PKL),” katanya.

Adapun penyerahan akan dilakukan di kantor Koramil masing-masing kecamatan. Jumlah nominal uang yang diterima bagi setiap warga sasaran yaitu Rp600 ribu.

Lebih lanjut Dandim mengatakan para penerima bantuan tunai ini adalah masyarakat Kabupaten Way Kanan yang di kategorikan golongan ekonomi menengah ke bawah, dimana per kepala keluarga (KK) penerimaan bantuan mendapatkan bantuan Rp600.000. “Mudah- mudahan di tengah pandemi covid-19 ini bantuan tersebut bisa membantu meringankan beban masyarakat,” kata dia.

Bantuan ini juga selain upaya untuk meningkatkan semangat mengikuti vaksin karena isarat utama untuk mendapatkan bantuan ialah masyarakat yang sudah tervaksin.

Kesempatan yang sama Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya mengucapkan berterima kasih kepada pemerintah pusat dan Panglima TNI yang telah menyalurkan bantuan kepada pedagang kaki lima dan warung yang ada di Way Kanan.

Bupati berharap uang tersebut dapat menjadi tambahan modal untuk usahanya serta bantuan dari pemerintah ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak digunakan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif. (Eeng)