oleh

Fraksi PKS Adakan Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Soekarno

Harianpilar.com, Bandarlampung – Dalam rangka memperingati HUT RI ke 76,  Fraksi PKS DPRD Lampung berkolaborasi bersama Fraksi PKS DPR RI menyelenggarakan Lomba Baca Teks Proklamasi mirip suara Soekarno, seperti saat beliau memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 76 tahun silam.

Kerja kolaborasi antara Fraksi PKS DPRD Lampung dengan Fraksi PKS DPR RI ini dilakukan dalam upaya terus memupuk jiwa nasionalisme anak bangsa, sekaligus terus mengingatkan akan jasa besar para pahlawan dan para pendiri bangsa dan negara ini.

Pada ageda Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Sukarno ini, disediakan hadiah dengan nilai total 22,6 juta rupiah. Di tingkat provinsi, total hadiahnya sebesar 5,6 juta rupiah dan di tingkat pusat sejumlah 17 juta rupiah.

Syarat dari lomba ini, pada tahap pertama yakni di tingkat Provinsi Lampung, peserta hanya membuat video rekaman pembacaan teks proklamasi kemudian di unggah di kanal youtube pribadi dan link url youtube masing-masing peserta dikirim ke panitia tingkat Provinsi melalui nomor whatsapp di 0882 – 8650 – 2309. Sebelum link url kanal youtube di kirim ke panitia tingkat Provinsi, sebagian konten video tersebut dipublikasikan melalui jejaring media sosial masing-masing peserta. Batas waktu pengumpulan link url tanggal 3 Agustus 2021, sedangkan pengumuman pemenang tingkat provinsi pada tanggal 9 Agustus. Untuk babak final tingkat nasional dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2021 secara daring atau online.

Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung, Ade Utami Ibnu mengatakan bahwa ditengah pandemi seperti sekarang ini, nilai-nilai kepahlawanan dan nasionalisme harus terus dipupuk.

“Nilai kepahlawanan, diantaranya berani berkorban, pantang menyerah, mendahulukan kepentingan bangsa dan negara. Tentu nilai-nilai kepahlawan tersebut ditengah masa pendemi covid 19 sangat relevan atau pas. Tentupun dengan nilai-nilai nasionalisme yang diajarkan oleh para pendiri bangsa dan negara ini, ” kata Ade Utami Ibnu.

Untuk itu, menurut Penggerak Literasi ini bahwa agenda Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Soekarno, adalah langkah yang tepat guna memupuk nasionalisme dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut. “Terlebih hari-hari inipun kita dalam situasi Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban,  dimana nilai-nilai serta semangat sosial dan kepahlawanan begitu terasa, sehingga agenda ini saling kait-mengait, ” ungkap Aleg PKS Lampung  Dapil Bandar Lampung, Senin (19/05/2021). (Ramona)