oleh

Rektor Unila Panen Raya Melon

Harianpilar.com, Bandarlampung – Grand opening kebun agrowisata Universitas Lampung (Unila) resmi dibuka secara langsung oleh Rektor Unila, Prof. Karomani, pada Rabu (02/09/2020).

Kegiatan panen perdana ini merupakan bagian dari pelaksanaan tridarma Perguruan Tinggi Universitas Lampung khususnya penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

Kebun Agrowisata Melon Universitas Lampung terselenggara berkat kerjasama antara Badan Pengelola Usaha Unila dan Kelompok Tani Barokah Kresna dengan menanam berbagai varietas melon seperti melon golden, melon honey dan melon rock di lahan Unila yang semula kurang produktif seluas +1 Ha.

Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Karomani mengatakan, kebun agrowisata melon ini mudah-mudahan bisa jadi percontohan bagi para petani lainnya di Provinsi Lampung.

“Bukan hanya jadi Inspirasi para petani saja akan tetapi dengan adanya kebun agrowisata ini saya berharap para mitra usaha kita melirik para petani di desa-desa dengan bekerjasama dengan Fakultas Pertanian,” ungkapnya, Rabu (02/09/2020).

Karomani menambahkan, saat ini petani sudah bersusah payah menanam dan menghasilkan namun juga kesulitan untuk memasarkannya.

“Maka kadang kala mereka hancur karena hasil pertaniannya tidak ada yang advokasi, tidak ada yang memasarkannya,” jelasnya.

Sementara itu, Selaku Petani Melon di Kebun Agrowisata Unila, Sarirogo mengungkapkan, dirinya merasa bangga dengan suksesnya acara tersebut dan sesuai dengan yang direncanakan.

Untuk pencapaian tergolong sedang, dimana bertujuan untuk mengedukasi, dengan harapan akan banyak mahasiswa yang mau bercocok tanam dan kegiatan ini yang pertama kali di kota bandarlampung. (Harry)