oleh

Masyarakat Didorong Kembangkan Ekonomi Syariah

Harianpilar.com, Bandarlampung – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Lampung mendorong masyarakat mendukung ekonomi berbasis syariah.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Agus Nompitu mengatakan, Provinsi Lampung yang merupakan pintu gerbang Sumatera, diharapkan mampu mendukung upaya pengembangan ekonomi, khususnya ekonomi berbasis syariah.

“Ekonomi dan keuangan syariah mempunyai potensi besar sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru maupun memperbaiki struktur neraca transaksi berjalan,” ujar Agus Nompitu saat dtemui di Ruang kerjanya, Senin (13/08/2018).

Dia menjelaskan, pengembangan ekonomi syariah harus bersifat komprehensif dan end to end. Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung merumuskan tiga pilar yang menjadi strategi utama pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Pertama, pilar pemberdayaan ekonomi syariah, menitikberatkan pada pengembangan sektor usaha syariah dengan penguatan nilai harga (value chain). Program ini dilaksanakan pada empat sektor unggulan yaitu sektor industri makanan dan fashion halal, sektor pariwisata halal, sektor kuliner syariah dan sektor pertanian,” jelas Agus.

Kemudian yang kedua ialah pilar pengalaman pasar keuangan syariah yaitu dengan merefleksikan upaya peningkatan manajemen likuiditas dan pembiayaan syariah.

Pilar ketiga, riset, asesmen, edukasi ekonomi dan keuangan syariah dilakukan melalui dalam bentuk program edukasi dan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat.

Sementara terkait persiapan Lampung Fair 2018, lanjut Agus, pihaknya sudah mempersiapkan mengisi stand pameran dan sudah mempunyai pusat layanan terpadu. Stand yang berbeda di Lampung fair akan diisi UKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung.

“Pengelolaan batu cincin yang ada di PKOR Wayhalim itu termasuk UKM yang kami bina, dan itu kami meminta kepada mereka untuk aktif dalam kegiatan Lampung fair nanti,” tegasnya. (Mar/Mom)