oleh

Ekonomi Syariah Lampung Menggeliat

Harianpilar.com, Bandarlampung – Ekonomi dan Keuangan Syariah di Provinsi Lampung mulai menggeliat,hal ini ditandai dengan kembali digelarnya Festival Lampung Syariah (FLASH) pada awal Mei mendatang.

Demikian diungkapkan Perwakilan Bank Indonesia saat audiensi dengan Wakil Gubernur Lampung di ruang kerja wakil gubernur Lampung, Selasa (25/4/2017).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan mengatakan acara Flash rencananya akan digelar pada 8 hingga 17 Mei mendatang di Mall Boemi Kedaton. Adapun acara ini dilaksanakan dalam upaya menciptakan kesepahaman bersama antara regulator, pelaku usaha, maupun masyarakat terkait ekonomi dan keuangan syariah.

“Ekonomi syariah saat ini merupakan bagian penting dalam tatanan perekonomian Nasional. Masyarakat juga semakin mengenal berbagai produk dan jasa halal, serta manfaatnya. Untuk itu dengan digelarnya acara ini diharapkan akan mengembangkan perekonomian syariah secara efektif dan optimal,” jelasnya.

Arief mengatakan dengan menyelenggarakan Flash akan memunculkan beragam usulan atau saran dari masyarakat guna mengembangkan perekonomian. Selain itu, yang tak kalah penting, kata Arief, Flash juga diharapkan mampu menguatkan semangat bersama untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Lampung.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menyambut baik diselenggarakannya acara Flash tersebut. Terlebih Pemerintah saat ini sedang giat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Lampung.

“Penduduk Lampung mayoritas adalah muslim. Tentu produk makanan dan lainnya yang kita konsumsi setiap hari harus terkontrol dan mendapat predikat halal MUI. Sehingga hal ini merupakan potensi peluang bagi tumbuhnya ekonomi syariah di Provinsi Lampung,” ujar Bachtiar.

Bachtiar menegaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait sehingga penyelenggaraan acara ini dapat berjalan sukses dan lancar.

Diinformasikan acara ini akan turut didukung oleh MUI Provinsi Lampung serta sejumlah Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung. Selain itu juga akan menghadirkan pembicara Ustd. Yusuf Mansyur dan Lula Kamal, serta akan ada rangkaian kegiatan Pasar Rakyat Syariah dan Expo Produk Halal, Talkshow, Kontes Seni Budaya Islam (Marawis) Stand Up Comedy, Lomba Cerdas Cermat SMA/sederajat, dan Donor Darah. (Rls/Maryadi)