oleh

Dendi Pimpin Karang Taruna Lampung

Harianpilar.com, Bandarlampung – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Kaligis terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung periode 2016-2021 dalam Temu Karya Karang Taruna ke-IV yang digelar di Balai Keratun Komplek Pemprov Lampung, Kamis (29/9/2016).

Terpilihnya mantan anggota DPRD Provinsi Lampung dua periode itu menjadi Ketua Karang Taruna diharapkan mampu membawa Karang Taruna lebih berperan dalam pembangunan.”Terpilih menjadi Ketua bagi saya dan pengurus nanti adalah beban karena ini adalah amanah dari seluruh pengurus baik kabupaten/kota dan Provinsi,”kata Dendi Ramadhona, saat menggelar konferensi pers diruang Media Center Pemprov Lampung.

Politisi muda Partai demokrat ini meminta dukungan kepada semua pihak terutama pers dalam mengembangkan Organisasi Karang Taruna.”Kami akui Karang Taruna sebelumnya kurang terpublikasi dan jauh dari pers, ke depan kami berharap pers bisa membantu berkontribusi dalam pengembangan sayap Karang Taruna,”harap putra anggota DRR RI Zulkifli Anwar ini.

Dalam waktu dekat, Dendi akan segera menggelar rapat formatur guna menyusun kepengurusan.”Kami diberi tenggang waktu 21 hari untuk menyusun kepengurusan. Tapi insyaallah sebelum 21 hari sudah selesai, dan selanjutnya hasilnya akan kami bawa ke Jakarta sekaligus bertemu dengan pengurus pusat,”ujarnya.

Pelantikan pengurus juga akan segera dijadwalkan secepatnya sambil menunggu jadwal dari Gubernur Lampung sebagai Pembina Karang Taruna Lampung.”Setelah dilantik kemudian akan dilakukan rapat kerja daerah untuk menyusun program. Insyaallah dalam 3 bulan Karang Taruna sudah bisa mengeluarkan program kerja,”pungkasnya.

Sementara, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang di wakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Budhiharto, menilai Karang Taruna Provinsi Lampung memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan.

Menurutnya hal ini terbukti dengan program-program yang dimiliki Karang Taruna Provinsi Lampung yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti kegiatan di bidang pendidikan, olahraga, kesenian maupun kegiatan lain yang memiliki nilai ekonomis dan dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Budhiharto berharap melalui Temu Karya Karang Taruna ini dapat mengembangkan kehidupan organisasi khususnya melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja yang telah lalu serta menetapkan dan menyusun program kerja untuk periode yang akan datang.

“Kami berharap Karang Taruna sebagai wadah pembinaan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial hendaknya mampu menjadi Kepanjangan Tangan Pemerintah Provinsi Lampung untuk mempersatukan komponen bangsa khususnya generasi muda dalam mencegah, mengendalikan dan mengawasi permasalahan aktual bangsa”, jelasnya.

Sementara dalam laporan Ketua Pelaksana acara Temu Kangen ke-VI Karang Taruna Provinsi Lampung, Nipolin, menjelaskan bahwa Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

Selain itu, organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

“Untuk itu kegiatan ini bertujuan untuk dapat melakukan evaluasi terhadap program-program Karang Taruna pada periode yang telah lalu dan merancang Program Karang Taruna kedepan serta melalukan pemilihan Ketua Karang Taruna untuk periode 2016-2021,” pungkasnya. (Ramona/Juanda)