oleh

Tiga Wilayah Lampung Rawan Kebakaran

Harianpilar.com, Bandarlampung – Tak hanya di Pekanbaru dan Kalimantan, beberapa hutan atau wilayah di Provinsi Lampung juga rentan dengan bencana kebakaran. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung merilis sedikitnya ada tiga lokasi titik api yang rawan kebakaran yakni, Taman Nasional Way Kambas TNWK di Lampung Timur, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ( TNBBS ) di Pesisir selatan dan Gunung Seminung Ranau Lampung Barat.

Sekretaris BPBD Lampung Muhammad Fadli mengatakan, mengenai kabut asap yang melanda Lampung, bukan dari Kabupaten Lampung Timur. Dugaan kuat sementara, kabut asap berasal dari wilayah Sumatera Selatan dan Kabupaten Jambi.

Menurutnya, pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Lampung Timur, dari hasil pantauan tidak ada kebakaran yang terjadi di wilayah tersebut. “Ya, kalaupun ada kebakaran hanya kecil bukan kebakaran besar. Mungkin hanya pembakaran di ladang milik warga,” ungkapnya, seperti dikutip dari Website Pemprov Lampung, Senin (26/10/2015).

Terpisah, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengaku sudah mengirimkan surat kepada seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung serta BPBD, agar ikut tanggap mengatasi masalah kebakaran hutan dan kabut asap di daerah masing-masing.

Hal itu dikatakan Ridho usai menghadiri acara peresmian Kantor Otoritas Jasa Keuangan di Pahoman, Bandarlampung, Senin (26/10/2015). “Surat tertulis sudah dikirimkan pada Jumat kemarin. Saya meminta seluruh kabupaten dan kota di Lampung ikut menangani masalah kabut asap,” jelasnya.

Ridho mengaku sudah memerintahkan Satker terkait untuk meninjau ke lokasi bencana kebakaran hutan dan kabut asap seperti di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur. “Saya berharap semuanya bisa cepat teratasi,” tandasnya. (Juanda)