oleh

Raskin Pekon Sukaratu tidak Layak Konsumsi

Harianpilar.com, Pringsewu – Beras miskin (Raskin) yang diperuntukan bagi warga Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu tidak layak konsumsi. Selain berkutu, kondisi Raskin juga berbau.

“Beras Raskin kali ini, saya mendapatkan kritikan dari masyarakat penerima Raskin, karena berasnya benar- benar tidak layak konsumsi,” ungkap Kepala Pekon (Kakon) Sukaratu, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu Ashari, Minggu (15/3/2015) saat ditemui di kediamannya.

Dikatakan Ashari, kondisi Raskin sangat tidak layak dikonsumsi, selain baunya tidak sedap, Raskin juga banyak kutu beras.

“Saya sengaja menyampaikan buruknya kualitas beras Raskin ke media, agar hal serupa tidak terjadi lagi karena kasihan kepada 83 Kepala Keluarga(KK) warga yang berhak menerima raskin mengeluh kepada kami,” jelasnya.

Dia juga berharap agar kondisi Raskin ke depan tidak kembali terjadi, pihak bulog diharapkan lebih selektif dalam member Raskin.

“Kami berharap raskin kwalitas buruk atau tidak layak konsumsi itu tidak terulang lagi dikirim ke pekon dan sebaiknya pihak bulog juga memeriksa terlebih dahulu beras tersebut sebelum dikirim apakah beras itu layak konsumsi atau tidak,” pintanya.

Salah satu warga penerima Raski Samsudin menyatakan kekecewaannya kepada pihak bulog yang telah mengirim beras Raskin tidak berkwalitas dan tidak layak konsumsi sebanyak 1.245kg ke pekonnya dan membuat 83 KK penerima Raskin Kecewa.

“Untuk ke depan kami sepakat dengan kepala pekon dan 83 KK akan menolak Raskin jika Raskin yang dikirim nanti kwalitasnya buruk, karena kami ini manusia masa Raskin yang sudah tidak layak konsumsi diberikan ke kami,” pungkasnya. (Sahirun/JJ).