oleh

IBI Darmajaya Teken MoU Dengan University of The West of England Bristol

Harianpilar.com, Bandarlampung – Keseriusan untuk membangun generasi yang berdaya saing global terus dilakukan Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya. Salah satunya dengan meningkatkan kerjasama internasional dengan sejumlah perguruan tinggi ternama di luar negeri.

Belum lama ini IBI Darmajaya telah menyepakati kerjasama bidang akademik dengan University of The West of England (UWE) Bristol. Kesepakatan kerjasama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi, S.E.,M.A dan Vice Chancellor University of The West of England Bristol, Profesor Steven West.

Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional Rahmalia Syahputri mengatakan kerjasama antara IBI Darmajaya dengan UWE mengarah dibidang akademik. Diantaranya pertukaran staf, student exchange (pertukaran mahasiswa), kunjungan akademik, penelitian, workshop dan pertukaran informasi.

“Kami memilih University of The West of England karena perguruan tinggi ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Inggris, terutama dalam menciptakan output yang berdaya saing. UWE masuk dalam 8 terbaik sebagai universitas top dimana lulusannya terserap di dunia kerja. UWE juga memenangkan penghargaan NUE pada tahun 2014 sebagai  Universitas Terbaik 2014 kategori University Careers/Employability Service ” paparnya, Senin (16/2/2015).

Keberhasilan UWE dalam menciptakan lulusan yang berdaya saing diharapkan bisa menjadi pilihan terbaik dalam dalam menjalin kerjasama luar negeri. UWE menjadi perguruan tinggi pertama di Inggris yang telah menjalin kerjasama pendidikan dengan IBI Darmajaya. “Kami berharap kerjasama ini akan mampu mendorong IBI Darmajaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta mampu menciptakan lulusan-lulusan yang dapat berperan baik ditingkat lokal maupun internasional” harapnya.

Sementara itu Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi, S.E.,M.A., menuturkan dibutuhkan langkah kongkret untuk menghadapi globalisasi. Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri menjadi bukti nyata suport IBI Darmajaya dalam melahirkan generasi yang kompeten dan berdaya saing global. Agar mampu bersaing pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), program internasionalisasi pendidikan gencar dilakukan IBI Darmajaya.

“Kami telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi terbaik di luar negeri. Dan kerjasama tersebut benar-benar kami implementasikan secara nyata, tidak sebatas MoU. Beberapa kali kami mengirimkan mahasiswa kami untuk student mobility, Passage to ASEAN, praktek kerja internasional, kerjasama research, double degree, dan lainnya. Diharapkan dari kerjasama tersebut, kami bisa menciptakan lulusan-lulusan yang mampu bersaing ditingkat global” harap Andi. (Rls/JJ)