oleh

Pemkab Lambar Rakor Bahas Persiapan Liwa Expo Tahun 2022

Harianpilar.com, Lampung Barat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) menggelar rapat koordinasi (Rakor) membahas persiapan Liwa Expo tahun 2022.

Kegiatan Liwa Expo tahun 2022 ini melibatkan seluruh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdapat di kabupaten lampung barat dalam rangka menumbuhkan perekonomian masyarakat. 

Liwa Expo merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Namun kegiatan Liwa Expo kali ini sedikit lebih istimewa dari tahun sebelumnya, karena di tahun 2022, acara tersebut dilakukan sebagai rangkaian dari hari jadi Kabupaten Lampung Barat atau HUT Lambar ke-31 yang jatuh pada tanggal 24 September mendatang. 

Kegiatan tersebut dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Nukman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama, Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet inoni dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Daman Nasir, M.P dan dihadiri kepala perangkat daerah serta Camat. 

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Adi Utama mengungkapkan kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan balikbukit selama lima (5) hari mulai tanggal 24 sampai 28 September tahun 2022 mendatang. 

Pada kesempatan itu, pihaknya meminta kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar turut terlibat dalam kegiatan Liwa Expo sebagai pengamanan. 

Sementara, Nukman dalam arahannya menekankan kepada seluruh camat yang terdapat di kabupaten lampung barat agar pelaku UMKM yang diutus dari Pekon pada kegiatan Liwa Expo mendatang supaya dapat memunculkan produk unggulan yang memiliki nilai jual sebagai salah satu langkah promosi UMKM.

“Karena pada dasarnya camat memiliki peran yang penting terhadap seluruh pelaku UMKM dikecamatan yang akan mengikuti bazar pada kegiatan tersebut,” Ujarnya. 

Menurutnya, ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan  produk unggulan yang ada di wilayah masing-masing supaya lebih dikenal masyarakat, baik yang di kabupaten lampung barat maupun luar kabupaten. 

Selain itu, ia meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) agar dapat memperhatikan kebersihan pada saat pelaksanan Liwa Expo. 

“Jangan sampai kegaiatan sedang berlangsung namun terlihat tidak indah karena adanya sampah,” Harapnya. 

Masih di tempat yang sama Daman Nasir saat melakukan pemaparan terkait persiapan pelaksanaan Liwa Expo tahun 2022, mengatakan kegiatan rapat yang dilakukan di Aula Kagungan Setdakab pada hari Selasa, 13/9/2022 itu merupakan yang kedua kalinya. 

Lalu Daman Nasir menyampaikan tujuan dilakukannya Liwa Expo tahun 2022 ini salah satunya diharapkan dapat membangkitkan gairah jiwa UMKM pasca pandemi covid-19 dan transformasi dunia usaha dari manual ke dunia modernisasi. 

Karena pada saat pelaksanaan Liwa Expo mendatang akan diadakan bazar UMKM lampung barat yang akan dikomandoi Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag). 

Ia menjelaskan manfaat kegiatan tersebut sebagai sarana promosi, memperluas pengetahuan pelaku usaha karena akan ada uji klinik kepada UMKM, pengelola bumdes dan kepada aparatur pemerintahan pekon. (Rls/Mar)