oleh

Agung Ilmu Mangkunegara Bebas Bersyarat

Harianpilar.com, Bandarlampung – Setelah menjalani masa tahanan 2/3, serta telah melunasi seluruh denda dan uang pengganti, mantan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dinyatakan bebas bersyarat, dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rajabasa, Bandarlampung, Senin (23/1).

Kewajiban dari Agung ini yang menjadi pertimbangan untuk memberikan Pembebasan Bersyarat (PB). Meski demikian, Agung diwajibkan untuk melakukan wajib lapor hingga 2024.

Kalapas Rajabasa Maizar menjelaskan, Agung divonis 5 tahun penjara, dan dinyatakan bebas bersyarat setelah menjalani 2/3 masa pidana, serta melunasi seluruh denda serta uang pengganti.

“Agung mendapatkan pembebasan bersyarat setelah menjalani 2/3 masa pidana dan menjalani sebagian pidana penjara pengganti kerugian negara,” kata Maizar.

Diungkapkan Maizar, dari kerugian negara Rp63 miliar,  Agung telah membayar denda dan membayar kerugian negara sebesar Rp57,8 miliar, subsider penjara 1 tahun 6 bulan.

“Sisanya yang tidak dibayarkan Rp5,6 miliar, diganti dengan pidana penjara selama 1 bulan 18 hari,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Agung mulanya divonis hukuman penjara selama 7 tahun, dan dikenakan pidana denda Rp750 juta, subsidair 8 bulan kurungan penjara.

Agung juga dibebankan Rp74,6 miliar subsidair 2 tahun kurungan penjara karena terbukti menerima suap proyek Dinas PUPR dan Dinas Perdagangan saat menjabat bupati.

Usai mengajukan peninjauan kembali (PK), hukuman Agung dikurangi dari 7 tahun penjara menjadi 5 tahun pidana. Kemudian, uang pengganti dari Rp74 miliar dikurangi menjadi Rp63 miliar subsider 1 tahun 6 bulan. (*).

Komentar