oleh

Kajati Resmikan Rumah Restorative Justice di Lamtim

Harianpilar.com, Bandarlampung – Kepala Kejaksaan Tingggi (Kajati) Lampung Nanang Sigit Yulianto S.H.,  M.H., meresmikan Rumah Restorative Justice, Balai Desa Braja Asri, di Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur dan Badan Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa di RSUD Sukadana Lampung Timur l, Rabu (30/11).

Kajati Lampung dalam sambutannya mengatakan,  dengan adanya peresmian Rumah Restorative Justice dan Badan Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa, diharapkan akan memberikan manfaat yang begitu banyak kepada masyarakat Kabupaten Lampung Timur yang secara umum merindukan adanya suatu keadilan.

Seperti yang diketahui Program Rumah Restorative Justice  merupakan program se-Indonesia.

Fungsinya agar tercipta keadilan dan juga kemanfaatan bagi masyarakat. Kajati juga menyampikan spesifikasi kasus yang dapat diselesaikan melalui RJ, yaitu kasus yang ancaman hukumannya di bawah lima tahun.

“Teknisnya nanti ketika ada kasus, akan kita selesaikan secara Restorative Justice dimana kita hadirkan para penyidik, keluarga, pelaku dan korban sampai menemui titik kesepakatan,” jelas Kajati.

Untuk spesifikasi kasus yang bisa diselesaikan dengan RJ , itu yang ancaman hukumannya di bawah 5 tahun.

“Sebagai contoh yaitu penganiayaan, pencurian, ancaman hukumannya di bawah 5 tahun,  pelaku belum pernah dihukum atau kali pertama melakukan tindakan kejahatan,” ungkapnya.

Acara peresmian ini merupakan peresmian terakhir rumah restorative justice pada Tahun 2022, dimana sebelumnya telah dilaksanakan peresmian rumah restorative justice di seluru Kabupaten Se-Provinsi Lampung.

Pada kesempatan yang sama Kajati beserta rombongan melakukan kunjungan Kerja ke Kejaksaan Negeri Lampung Timur guna meningkatkan Integritas dan Kedisiplinan seluruh Pegawai dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. (Rls/JJ).