oleh

Tiga Anggota Bawaslu Lampung Periode 2022-2027 Dilantik

Harianpilar.com, Bandarlampung – Tiga anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung periode 2022-2027 resmi dilantik di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta, Rabu (21/9). Mereka dikukuhkan langsung oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, SH. LL. M.

Ketiga anggota tersebut diantaranya Iskardo P Panggar, Imam Bukhori dan Suheri. Mereka dilantik setelah dinyatakan lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan oleh Bawaslu RI beberapa waktu lalu.

Dengan dilantiknya Iskardo P Panggar ini merupakan tahun kedua dirinya bergabung dalam lembaga pengawas pemilu Provinsi Lampung.

Sementara Imam Bukhori dan juga Suheri menggantikan Fatikhatul Khoiriyah dan Ade Asyari yang telah habis masa jabatannya pada 20 September 2022.

Sedangkan 4 Anggota Bawaslu Lampung lainnya yaitu Hermansyah, Muhammad Teguh, Tamri, dan Karno Ahmad Satarya akan habis masa jabatannya di bulan Juli 2023 mendatang.

“Barokallah, Selamat bertugas sahabat (ketiga komisioner Bawaslu Lampung periode 2022-2027) yang telah dilantik,” ungkap mantan Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah usai mendampingi pelantikan di Jakarta.

Usai pelantikan tersebut, tujuh anggota Bawaslu akan langsung melakukan rapat pleno guna menentukan siapa yang akan menjabat sebagai ketua. Dimana jabatan tersebut sebelumnya diemban oleh Fatikhatul Khoiriyah yang telah habis masa jabatannya.

“Kemungkinan hari ini kami akan pleno pemilihan ketua,” ujarnya anggota Bawaslu Lampung Hermansyah.

Diketahui, pada Juli 2022 lalu, Bawaslu RI membuka pendaftaran seleksi calon Anggota Bawaslu di 25 Provinsi dengan pendaftar mencapai 2.815 peserta.

Pada 20 Agustus, didapat 150 calon Anggota Bawaslu di 25 Provinsi untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Hotel Sari Pacific Jakarta, Jalan MH Thamrin, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Dari 150 orang itu, akhirnya ditetapkan 75 orang terpilih sebagai Anggota Bawaslu di 25 Provinsi Periode 2022-2027. (Ramona).

Komentar