oleh

Kada PDIP AMJ 2022 dan 2023 Diinstruksikan Nyaleg

Harianpilar.com, Bandarlampung – Kepala daerah dari PDI Perjuangan yang masa jabatannya habis pada 2022 dan 2023 diinstruksikan maju sebagai calon legislatif (caleg) pada pemilu 2024.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung Bidang Keanggotaan dan Organisasi, Yanuar Irawan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/9).

Di Lampung sendiri, kata Yanuar ada tiga kepala daerah dari PDI Perjuangan yang masa jabatannya habis pada 2022 dan 2023. Yaitu Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Bupati Tulangbawang Winarti, dan Bupati Tanggamus Dewi Handajani.

“Dan sejauh ini baru Pak Parosil Mabsus yang sudah mendaftar. Sedangkan dua lainya (Winarti dan Dewi Handajani) belum mendaftar. Dan kita juga menunggu untuk Kota Bandarlampung dan Lampung Selatan, mekanismenya seperti apa,” kata dia.

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung ini juga mengatakan, idealnya bagi mereka kepala daerah yang akan habis masa jabatannya untuk mencalonkan diri sebagai caleg di level kabupatennya masing-masing.

Menurutnya, hal itu sekaligus untuk mengukur kekuatan mereka jika masih berkeinginan untuk mencalonkan diri kembali menjadi kepala daerah.

“Namun pada intinya bahwa memang kepala daerah yang sudah habis masa jabatannya diminta untuk membantu perolehan suara itu, untuk mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Apakah sebagai caleg DPRD kabupaten/kota, Provinsi atau DPR RI,” jelasnya.

Menurut Yanuar juga, perintah kada PDIP yang habis masa jabatannya untuk maju caleg itu merupakan salah satu strategi PDIP untuk mempertahankan atau menambah suara partai pada pemilu 2024 mendatang.

“Karena ketika perang, semua kekuatan harus kita turunkan selama itu tidak menyalahi mekanisme dan aturan-aturan yang ada,” jelasnya. (Ramona).

Komentar