oleh

Forsekdes Pringsewu Study Tiru ke Pulau Jawa

Harianpilar.com, Pringsewu – Forum sekretaris desa (Forsekdes) Kabupaten Pringsewu melaksanakan study tiru ke Jawa Timur dan Jawa Tengah. Rombongan berangkat pada Rabu (21/09/22)  pukul 14,00 dengan titik kumpul res area Pringsewu.

Ketua Forsekdes Kabupaten Pringsewu Dwipo mengatakan daerah tujuan kegiatan ini yang pertama ke daerah Kendal (Jawa Timur). Kemudian, putar arah ke Jawa Tengah, ke Candi Prambanan, Wisata Tebing Breksi, Gunung Kidul. Kemudian ke Desa Beji Harjo, wisata Goa Pindul, Wisata Heha Sky, wisata keraton dan yang terakhir ke pusat perbelanjaan Malioboro.

Dwipo menjelaskan tidak semua sekdes ikut serta dalam acara tersebut, namun perwakilan dari sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu. “Itu ada perwakilannya. Lalu sambung Dwipo, unsyur dari pemerintah daerah (Pemda) Pringsewu juga ada yang turut mendampingi, yakni dari Kesbangpol, Drs. Sukarman dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Pekon (DPMPP) Tri Haryono, SIP,.MM dan Hardianus Dio,” katanya.

Kecuali berwisata, imbuh Dwipo, tujuan study tiru ini adalah untuk belajar kedaerah yang lebih maju, seperti ke Desa Beji Harjo,disana nanti kita akan sama sama menimba ilmu dari apratur desanya, sekaligus sebagai motivasi kawan kawan sekdes.

“Saya berharap sepulangnya dari study tiru nanti, kawan-kawan sekdes bisa menularkan ilmu maupun pengalaman yang didapat kepada desa(Pekon) mereka masing masing. Kemudian, mampu mengadopsi tentang bagaimana mengelola desa (Pekon) agar bisa lebih maju lagi, tanpa menghilangkan budaya kearifan lokal,” tutupnya. (Sanusi)

Komentar