oleh

Empat Raperda Segera Disahkan

Harianpilar.com, Bandarlampung – Sebanyak empat rancangan peraturan daerah (Raperda) segera disahkan. Keempatnya adalah Raperda tentang Pertanian Organik, Raperda Tata Kelola BUMD Provinsi Lampung.

Kemudian, Raperda Penyelenggaraan Pesantren, dan Raperda tentang perubahan atas Perda Provinsi Lampung nomor 8 Tahun 2015 tentang perseroan terbatas penjamin kredit daerah Provinsi Lampung.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Lampung, Jauharoh Haddad mengatakan, pihaknya telah melakukan finalisasi terhadap keempat Raperda tersebut untuk disahkan pada rapat paripurna yang rencananya akan dilaksanakan 25 November 2021.

“Jadi kita sudah lakukan finalisasi dan insya Allah pada paripurna tanggal 25 November nanti, keempat Raperda ini akan disahkan,” ujarnya, Rabu (24/11).

Disampaikannya, dua dari empat Raperda tersebut merupakan kewenangan Bapemperda. Yakni Raperda Pertanian Organik dan Raperda Penyelenggaraan Pesantren.

“Sedangkan untukĀ  Raperda Tata Kelola BUMD Provinsi Lampung kewenangan Komisi 3. Dan Raperda tentang perubahan atas Perda Provinsi Lampung nomor 8 Tahun 2015 tentang perseroan terbatas penjamin kredit daerah Provinsi Lampung Kewenagan pansus,” paparnya.

Untuk Raperda Pertanian Organik, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung ini berharap semakin banyak petani yang memakai pupuk organik dalam pengolahan lahan pertaniannya.

“Begitu juga perkebunan dan peternakan. Kita bisa mewariskan kepada anak-anak cucu kita kedepannya makanan-makanan yang terbebas dari pestisida,” ungkapnya.

Sementara itu untuk Raperda Penyelenggaraan Pesantren, politisi PKB ini mengatakan, Raperda ini sebagai bentuk wujud kepedulian pemerintah terhadap pondok pesantren.

“Jadi jelas bahwa Pemerintah Daerah sesuai kewenangannya hadir dalam rangka pembinaan, pengawasan dan memberikan bantuan kepada Pondok Pesantren yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” jelasnya. (Ramona)

Komentar