oleh

Aleg PKS Ingatkan Komitmen Gubernur Soal Infrastruktur Lampung Berjaya

Harianpilar.com, Bandarlampung – Anggota Komisi IV DPRD Lampung, Vittorio Dwison mengingatkan kembali kepada  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi soal infrastruktur Lampung Berjaya. Pasalnya, Komitmen tersebut telah diucapkan beberapa kali eh Gubernur Arinal diberbagai kesempatan.

“Tentu saja, atensi besar dari Gubernur Lampung begitu diharapkan, mengingat komitmen Infrastruktur Lampung Berjaya telah berkali-kali diucapkan pada berbagai kesempatan. Atensi itu tidak hanya pada aspek kerangka perencanaan, dan lebih penting adalah  pada tataran implementasi,” ujar Vittorio, Rabu (24/11).

Menurut Anggota Fraksi PKS ini, atensi besar Gubernur terhadap Infrastruktur Lampung Berjaya harus dijewantahkan pada  seberapa tepat penentuan titik-titik prioritas pembangunan jalan di 1.693 KM, 99 ruas dan 16 koridor jalan provinsi.

“Serta seberapa baik kualitas pengerjaan, sehingga efektif mengurangi beban anggaran di tahun berikutnya,” terusnya.

Mantan aktivis mahasiswa ini juga berharap bahwa pembangunan infrastruktur jalan di Provinsi Lampung pada tahun 2022 berdampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Terlebih target pada 2022 mendatang kemantapan jalan mencapai 76,82 persen, bertambah 0,82 persen dari kondisi eksisting 76 persen kemantapan pada tahun 2021 ini,” terangnya.

Dia juga berharap, utang jangka panjang senilai 569  milyar dari PT. SMI (Sarana Multi Infrastruktur), serta anggaran 1,1 Trilyun lebih dari APBD untuk Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi harus memiliki benefit yang baik bagi 9 juta warga Lampung.

Selain itu, lanjut dia, Rencana utang selama 5 tahun kepada PT SMI guna pembiayaan pembangunan infrastruktur serta 1,1 trilyun lebih dari APBD harus dipastikan mampu mengakselerasi atau mempercepat bangkitnya ekonomi rakyat, terutama dimasa pandemi dan pasca pandemi.

“Mampu mengurangi inefisiensi proses distribusi barang dan jasa serta pertukaran sumberdaya dan mobilitas manusia di Wilayah Provinsi Lampung,” kata Aleg PKS Dapil Lampung Tengah.

Vittorio mengingatkan bahwa disamping alokasi APBD yang meng-cover 52 KM pembangunan jalan serta 67 KM ruas jalan yang diharapkan ditangani lewat pinjaman dari PT SMI, agar implementasinya dilakukan secara baik.

“Sebab hal ini telah menjadi komitmen segenap pemangku kebijakan dalam rangka mewujudkan Infrastruktur Lampung Berjaya,” tandasnya. (Ramona)

Komentar